FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM BERINVESTASI PADA SAHAM SYARIAH

Detail Cantuman

Prodi Akuntansi

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA DALAM BERINVESTASI PADA SAHAM SYARIAH

XML

Tujuan penelitian ini untuk memberi bukti empiris pengaruh persepsi risiko, persepsi return, aktivitas galeri investasi, modal minimal dan media sosial terhadap minat mahasiswa Progdi Akuntansi UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo dalam berinvestasi pada saham syariah.
Metodologi penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dengan sampel penelitian 140 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Responden adalah Mahasiswa Akuntansi semester VI UNSIQ. Data yang digunakan adalah data primer dan teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : 1. Persepsi resiko berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,004 yang berarti H1 ditolak. 2. Persepsi return berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti H2 diterima. 3. Aktivitas galeri investasi tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,062 yang berarti H3 ditolak. 4. Modal minimal berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti H4 ditolak. 5. Media sosial berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada saham syariah dengan nilai signifikan 0,001 yang berarti H5 diterima.
Keterbatasan penelitian ini adalah pengukuran seluruh variabel dalam penelitian ini hanya menggunakan kuesioner. Penelitian ini tidak memiliki pembeda antara mahasiswa yang sudah pernah berinvestasi maupun yang belum pernah berinvestasi.
Agenda penelitian yang akan datang pada penelitian ini adalah akan ditambahkan metode wawancara dalam upaya pengumpulan data. Akan dibedakan antara responden yang sudah pernah berinvestasi dan belum pernah berinvestasi saham syariah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lifiautami - Personal Name
Student ID
2018107017
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
62201
Edisi
Published
Departement
Akuntansi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FE-A 1354 LIF f
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail