KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 2 WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 2 WONOSOBO

XML

Medika Nur Haryati Manunggal, KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 2 WONOSOBO.Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Oktober 2020.Pada saat ini masih kurangnya sikap jujur di kalangan pelajar, sebagai contoh masih banyaknya peserta didik usia SMP kurang perhatian terhadap ibadah shalatnya, ketahuan mencontek saat ulangan, siswa yang mengambil barang milik temannya, peserta didik yang tidak jujur kepada penjual saat membeli makanan di kantin. Untuk itu bisa disimpulkan guru belum seutuhnya berhasil mampu menjadi contoh atau suri tauladan bagi peserta didik dalam sikap jujur. Maka dari itu sangat perlunya pendidikan nilai kejujuran di sekolah, seperti halnya “kantin kejujuan”.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan kantin kejujuran, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat tercapainya program kantin kejujuran, untuk mengetahui bagaimana dampak kantin kejujuran terhadap akidah dan akhlak siswa dan untuk mengetahui bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam memanfaatkan kantin kejujuran sebagai media pembelajaran di MTs N 2 Wonosobo.Hasil penelitian ini adalah pertama, pengelolaan kantin kejujuran dikelola oleh pengurus kantin kejujuran sekaligus pengurus koperasi yang bekerja sama dengan seluruh elemen yang ada di madrasah.Kedua, factor pendukungnya yaitu latar belakang peserta didik, kerja sama dari seluruh elemen di madrasah dan letak yang strategis. Factor penghambatnya masih banyak peserta didik yang berbuat curang, kurangnya konsep diri yang positif, pengambilan uang kembalian yang susah, dan jenis barang yang dijual kurang berfariasi. Ketiga, manfaat yang dapat diperoleh dari kantin kejujuran adalah dapat melatih kejujuran, tanggung jawab , dan kemandirian. Sarana mengaplikasikan nilai kejujuran yang telah diajarkan di dalam kelas. Serta terbentuknya perilaku jujur di lingkungan sekolah. Keempat, peran guru Akidah Akhlak dalam memanfaatkan kantin kejujuran sebagai media pembelajaran adalah membimbing, mengarahkan, dan memotivasi peserta didik agar menjadi pribadi yang lebih baik baik di dalam maupun di luar kelas.

Kata Kunci : Kantin Kejujuran, Media Pembelajaran, Akidah Akhlak


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2016010067
Dosen Pembimbing
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail