PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PUTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’AN HIDAYATUL QUR’AN MUNGGANG BAWAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PERAN KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PUTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA PROGRAM TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’AN HIDAYATUL QUR’AN MUNGGANG BAWAH WONOSOBO

XML

Maulidia Rakhmawati, 2020. “Peran Kecerdasan Emosional Santri Putri Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Program Tahfidz Di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an Munggang Bawah Wonosobo.” Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengan di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana persiapan dan proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an bagi sanntri putri program tahfidz di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an. (2) bagaimana upaya mengelola dan mengembangkan kecerdasan emosional dalam aktifitas menghafal Al-Qur’an bagi santri putri program tahfidz di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an. (3) bagaimana dampak kecerdasan emosional terhadap kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur’an bagi santri putri program tahfidz di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field reseach dengan pendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian prngasuh, pengurus, dan santri Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an Munggang Bawah Wonosobo. Untuk mendapatkan data yang yang diperlukan, penulis menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.Hasil penelitian diketahui bahwa kecerdasan emosional memegang peranan penting dalam membantu santri agar dapat menghafal Al-Qur’an dengan baik. Persiapan dan proses pembelajaran untuk santri di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an dengan menggunakan Kitab Yanbu’a sudah berjalan dengan baik. Metode ini merupakan metode yang efektif karena akan mempermudah santri untuk memahami bacaan-bacaan Al-Qur’an dengan benar. Awal timbulnya pendalaman pembelajaran Kitab Yanbu’a di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an yaitu karena santri kurang memahami bacaan- bacaan Al-Qur’an dan tajwid dengan benar. Upaya mengelola dan dan mengembangkan kecerdasan emosional dalam aktifitas menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an Munggang Bawah Wonosobo dengan cara membiasakan untuk membaca menggunakan tajwid dan dan tartil, bimbingan untuk ayat-ayat Al-Qur’an yang akan disetorkan, diadakan simaan wajib untuk para santri dalam setiap minggu, mujahadah, imtihan, dan ujian. Dampak kecerdasan emosional terhadap kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Hidayatul Qur’an Munggang Bawah Wonosobo. Dampak kuantitas kecerdasan emosional terhadap hafalan Al-Qur’an adalah kerajinan dan keistiqomahan dalam menjalani hafalan. Adapun dampak kualitasnya adalah menghafal Al-Qur’an sangatlah bagus, karena orang yang menghafal Al-Qur’an pastinya adalah orang yang sangat menghargai waktu, orang yang disiplin, gigih, dan hanyalah orang- orang pilihan yang mampu melakukannya.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, Menghafal Al-Qur’an.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maulidia Rakhmawati - Personal Name
Student ID
2016010099
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail