PENGARUH PEMISAHAN JENIS KELAMIN DAN MOVING CLASS DALAM PROSES BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGARUH PEMISAHAN JENIS KELAMIN DAN MOVING CLASS DALAM PROSES BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020

XML

Makfiroh. 2016010203. PENGARUH PEMISAHAN JENIS KELAMIN DAN MOVING CLASS DALAM PROSES BELAJAR PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER TAHUN AJARAN 2019/2020Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pemisahan jenis kelamin dan moving class dalam pembelajaran di kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber tahun ajaran 2019/2020, terhadap prestasi belajar kelas VIII di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber tahun ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui pengaruh pemisahan jenis kelamin dan moving class untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibebertahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah :1.Untuk mengetahui pengaruh pemisahan jenis kelamin terhadap prestasi belajar PAI di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber.2.Untuk mengetahui pengaruh moving class terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber.3.Untuk mengetahui pengaruh pemisahan jenis kelamin dan moving class terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber.Penerapan sistem pemisahan jenis kelamin dan moving class untuk meningkatkan pterstasi belajar PAI siswa kelas VIII SMP Talkhassus Al-Qur’an Kalibeber sudah digunakan dengan baik. Hal ini terbukti dari pembelajaran menggunakan pemisahan jenis kelamin dan moving class dalam kegiatan pembelajaran siswa menjadi lebih nyaman dan tidak bosan dalam kelas dan dapat berkonsntrasi pada saat pembelajaran.Penelitian dilakukan di SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber dan sebagai sampel yaitu siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan pada saat belajar mengajar. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode tes dan dokumentasi, serta angket. Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan hipotesis yang menggunakan regresi sederhana dengan pendekatan kuantitatif, sampel yang diteliti berjumlah 32 siswa, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai data dan angket siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber tahun ajaran 2019/2020.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pengaruh pemisahan jenis kelamin dan moving class terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber ada pengaruh yang signifikan pengaruh pemisahan jenis kelamin dan moving class terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data pengaruh pemisahan jenis kelamin dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an diperoleh data nilai konstanta (a) = 23,307 sedangkan data pengaruh moving class dalam peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an diperoleh data nilai konstanta (a) = 6,791 artinya apabila pelaksanaan pembelajaran menggunakan sistem pemisahan jenis kelamin (X1) dan moving class (X2) sama dengan nol (tidak ada perubahan), maka pengaruh pemisahan jenis kelamin dan moving class dalam pembelajaran sebesar 47,91 dan 53,86. Nilai koefisien regresi prestasi belajar siswa (b) = 0,194 dan 0,136 artinya koefisiensi regresi positif (searah) sebesar 0,194 dan 0,136. Jika prestasi belajar siswa (Y) meningkat sebesar 1 satuan, maka prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Takhassus Al-Qur’an (Y) juga akan meningkat sebesar 0,194 dan 0,136 maka prestasi belajar siswa juga akan meningkat 0,196 dan 0,136

Kata kunci : Pemisahan Jenis Kelamin, Moving Class, Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Makfiroh - Personal Name
Student ID
2016010203
Dosen Pembimbing
Dr. Noor Aziz, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Ketua Penguji
Hidayatu munawaroh, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail