PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARYA SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR PADA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Detail Cantuman

Prodi Magister Pendidikan Isla

PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WAŞĀYĀ AL-ĀBĀ’ LIL ABNĀ’ KARYA SYĀIKH MUHAMMAD SYĀKIR PADA PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: Kenakalan remaja merupakan persoalan yang banyak mendapat sorotan mulai dari penegak hukum, pendidik, dan para orang tua. pelanggaran norma-norma sosial berwujud kebut-kebutan di jalan raya, pemerasan, dan berbagai bentuk penyimpangan. Dalam mendidik, mengajar, serta menerapkan akhlak tidak boleh sembarangan. Diperlukan pengetahuan dan pemahaman terkait konsep pendidikan akhlak. Referensi kitab-kitab klasik yang menjelaskan tentang konsep-konsep pendidikan akhlak sangat banyak ditemukan dan bahkan masih digunakan hingga saat ini. Salah satu kitab yang sering dibahas adalah kitab karya seorang ulama’ asal Mesir, Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari, yakni kitab Waşāyā Al-Ābā’ Lil Abnā’ Dikutip dalam pengantar kitab Waşāyā Al-Ābā’ Lil Abnā’ Penelitian ini bertujuan untuk membina akhlak anak didik melalui kajian kitab karya ulama’salaf. Sehingga dalam diri anak didik terbentuk pribadi-pribadi muslim yang berakhlakul karimah, taat pada Allah dan Rasul-Nya, hormat kepada Ibu Bapak, sayang kepada sesama makhluk Tuhan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi Library Reseach. Sesuai dengan jenis data penelitian ini, data diolah dengan menggunakan teknik analisis non statistik.Untuk mempertajam analisis metode deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan teknis analisis isi (content analisys). Setelah data terkumpul maka data tersebut dianalisis secara induktif untuk mendapatkan kongklusi. Proses content analisys dimulai dari isi pesan kemudian dilakukan kategorisasi (pengelompokan) antara data yang sejenis dan selanjutnya dianalisis secara kritis dan obyektif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi pendidikan pada kitab Washaya al Abaa’ lil Abnaa’ dibagi menjadi 2. Dimensi Ilahiyah dan Insaniyah. Dengan perincian sebagai berikut: dimensi Ilahiyah meliputi taqwa,taubat,sabar,takdir, tawakal,syukur, mengajarkan ilmu pada orang lain, lemah lembut,saling menghormati,bergaul, jujur,tolong menolong,mencari ilmu. Dan dimensi Insaniyah meliputi akhlak kepada guru,akhlak kepada orang tua,akhlak kepada diri sendiri,akhlak kepada teman,akhlak kepada lingkungan masyarakat. Metode pendidikan yang diterapkan meliputi metode nasihat,metode pembiasaan,metode kisah dan keteladanan,metoded ialog,metode perumpamaan dan perbandingan, metode targhib dan tarhib.
Kata kunci: Konsep. Pendidikan. Akhlak.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Zidni Nurul A’la - Personal Name
Student ID
1220.30.1.21
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. H. Z. Sukawi, M.A - - Penguji 1
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70134
Edisi
Published
Departement
S2 Pendidikan Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail