EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN TIDAR KOTA MAGELANG

XML

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif. Penelitian dilakukan di pondok pesantren Tidar kota Magelang dengan melibatkan 26 responden pada bulan Juli sampai April 2020. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: (1) Dari lima hal yang menjadi target keterampilan berbicara bahasa Arab, santri kelas Wustho dan Ulya sudah sebagian besar mencapai target. Sedangakan untuk kelas Ula masih dalam pembelajaran tahap awal jadi belum diwajibkan mencapai target dalam keterampilan berbicara bahasa Arab. (2) Tingkat kelayakan metode langsung dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di pondok pesantren Tidar kota Magelang diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85,5 dengan kategori “ ادجَ ديج . Sedangkan dilihat dar segi peningkatan hasil belajar santri adalah santri telah mampu merangkai mufrodat menjadi kalimat dan dari kalimat menjadi paragraph (membuat cerita). Selain itu santri mampu memahami perkataan lawan bicara dan menjawabnya tanpa ragu. Santri mampu berbicara dengan menggunkan bahasa Arab secara baik dan benar. (4) Adapun faktor penghambat dari pemakaian metode langsung ini adalah (a) pada tingkat permulaan terasa sulit, (b) masih ada santri yang berbicara memakai bahasa selain bahasa wajib, (c) kemampuan setiap anak dalam menangkap materi pelajarab berbeda-beda, (d) tidak bisa berbicara menggunakan bahasa Arab ketika berbaur dengan masyarakat, (e) masih ada beberapa guru yang masih memakai bahasa Indonesia ketika menjelaskan suatu materi pelajaran yang belum dipahami santri. (5) Sedangkan faktor pendukung dengan dipakainya metode ini adalah (a) santri termotifasi untuk mengucapakan dalam bahasa Arab, (b) santri mudah untuk menghafal kosa kata baru, (c) santri dapat berbicara bahasa Arab dengan fasih dan benar, (d) santri memiliki spontanitas keberanian dalam berkomunikasi, (e) menarik minat belajar santri karena memakai banyak alat peraga, video fil, kaset, atau media lainnya.
Kata Kunci: Efektif, Metode Langsung, Proses


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Nur Lailatul Azizah - Personal Name
Student ID
2015040081
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail