ROLE MODEL KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN DAN KITAB KUNING PONDOK PESANTREN MA’HAD MAMBA’UL QUR’AN MUNGGANG BAWAH KALIBEBER WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Magister Pendidikan Isla

ROLE MODEL KURIKULUM TAHFIDZUL QUR’AN DAN KITAB KUNING PONDOK PESANTREN MA’HAD MAMBA’UL QUR’AN MUNGGANG BAWAH KALIBEBER WONOSOBO

XML

Kurikulum adalah salah satu instrumen pendidikan yang sangat penting agar segala bentuk aktifitas pendidikan akan terarah dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan. Fenomena pesantren yang mengadopsi pengetahuan umum untuk diajarkan kepada para santri, sembari tetap mempertahankan pengajaran kitab-kitab klasik, merupakan upaya untuk meneruskan tujuan utama lembaga pendidikan tersebut. Dalam kurikulum pesantren, pasti akan dijumpai pengajaran al-qur’an dan kitab kuning. Akan tetapi tidak banyak pondok pesantren yang mampu mengkolaborasikan kedua unsur tersebut. Dengan demikian peneliti akan mengkaji berkaitan dengan model integrasi kurikulum tahfidzul qur’an dan kitab kuning Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui Model Kurikulum Tahfidzul Qur’an; 2) Mengetahui Model Kurikulum Kitab; 3) Mengetahui Model Integrasi Kurikulum Pesantren berbasis Tahfidzul Qur’an dan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ma’ahad Mamba’ul Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, penggunaan analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Dalam analisis ini menggunakan beberapa tahapan satu reduksi data, dua display data, dan tahap yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini ialah: 1) Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an mengelompokkan materi dalam enam bagian. Bagian-bagian ini ditentukan berdasarkan enam semester pembelajaran tahfidzul quir’an di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an. Maka secara keseluruhan, metode ini dapat membantu tercapainya tujuan kurikulum tahfidzul qur’an di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an, yaitu menyelesaikan hafalan alqur’an dalam kurun waktu tiga tahun (6 semester); 2) Metode pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an diantaranya adalah: metode bandongan, metode sorogan, metode diskusi, metode hafalan, metode tanya jawab, metode ceramah, dan metode demonstrasi; 3) Role model kurikulum tahfidzul qur’an Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an menggunakan beberapa metode yaitu: bin nazhar, talaqi, takriri, dan tasmi’. Sedangakan role model kurikulum kitab kuning Pondok Pesantren Ma’had Mamba’ul Qur’an yaitu lalaran, metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan sorogan.
Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, Kitab Kuning, Role Model Kurikulum.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
1177.29.1.21
Dosen Pembimbing
Dr.Faisal Kamal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Ahsin Wijaya, Alh., M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70134
Edisi
Published
Departement
S2 Pendidikan Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail