PENERAPAN MEDIA VISUAL PAPER PUPPET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs NU SUNAN KALIJAGA TEGAL 2020/2021

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN MEDIA VISUAL PAPER PUPPET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII MTs NU SUNAN KALIJAGA TEGAL 2020/2021

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media visual paper puppet untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal. 2) Perbedaan peningkatan hasil belajar dalam keterampilan berbicara bahasa arab dengan menggunakan media visual paper puppet dan siswa yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di MTs NU Sunan Kalijaga Tegal, dengan jenis penelitian eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah quasi exsperiment peretest-postest control groups (kelas eksperimen dan kelas kontrol), yaitu bentuk pengembangan dari true exsperimental design yang mana desain ini mempunyai kelompok kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabelvariabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan terikat. adapun variabel bebasnya yaitu penerapan media visual paper puppet dan variabel terikatnya yaitu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Adanya peningkatan hasil belajar pada kemampuan keterampilan berbicara bahasa arab pada siswa kelas eksperimen sebesar 0,535 dengan kategori sedang. 2) hasil pengujian hipotesis thitung sebesar 10,88. Selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = ????1 - ????2 - 2 = 33 + 33 – 2 = 64. Dengan dk 64 dan taraf kesalahan 1%, maka ttabel = 2,655. Dalam hal ini berlaku ketentuan bila thitung < ttabel = H0 diterima. Ternyata diperoleh thitung > ttabel (10,88>2,655). Kesimpulannya yaitu ada perbedaan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa VII MTs NU Sunan Kalijaga Tegal yang menggunakan media visual paper puppet dengan metode ceramah.
Kata Kunci: Media Paper Puppet (wayang kertas), Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
M. Haziezen Hidayatulloh - Personal Name
Student ID
2016040030
Dosen Pembimbing
Mukromin, Alh, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Asep Sunarko, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Penguji 1
cha - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail