PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN (Studi Kasus SD MBF AL Adzkiya dan SD AL Madina Berdasarkan Kajian Surat Al Anbiyā, 21: 73)

Detail Cantuman

Prodi Magister Pendidikan Isla

PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PADA IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN (Studi Kasus SD MBF AL Adzkiya dan SD AL Madina Berdasarkan Kajian Surat Al Anbiyā, 21: 73)

XML

Pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri. Sumberdaya sebagai output proses pendidikan dituntut untuk menghasikan SDM yang cerdas secara intelektual dan cerdas secara spiritual. Pendidikan Dasar berbasis Islam menjadi salah satu Lembaga Pendidikan yang memiliki visi membangun kecerdasan spiritual, selain kecerdasan intelektual. Kepemimpinan sekolah berbasis Islam memiliki peran yang sangat sentral. Hal ini tertuang pada Surat Al-Anbiyah ayat 73: “Dan Kami menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami….” Perubahan proses pembelajaran sebagai konsekuensi perubahan dan perkembangan teknologi informasi menjadi tantangan, peluang, inovasi, dan peran kepemimpinan untuk mewujudkan visi sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran mengendalikan, dan mengembangkan proses pembelajaran sesuai dengan standar proses yang berlaku. Menjadi pertanyaan penelitian bagaimana peran kepemimpinan yang sesuai dengan Surat Al-Anbiyah ayat 73, serta bagaimana implementasi peran pada pelaksanaan standar proses pembelajaran di SD berbasis Islam. Penelitian ini bertujuan mendapatkan deskripsi konsep kepemimpinan yang relevan dengan Surat Al-Anbiyah ayat 73, serta menghasilkan deskripsi peran kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar berbasis Islam dalam implementasi standar pelaksanaan pendidikan. Penelitian ini dilakukan pada SD MBF Al-Adzikiya dan SD Al-Madina Wonosobo. Penetapan obyek penelitian didasarkan atas Visi dan Misi serta karakteristik proses pelaksanaan pendidikan di sekolah berbasis Islam di Wonosobo. Manfaat penelitian ini adalah untuk menghasilkan model konsep kepemimpinan Pendidikan Dasar (setingkat SD), yang didasarkan pada Surat Al-Anbiyah ayat 73, serta gambaran deskriptif implemetasi proses pelaksanaan xxviendidikan di sekolah berbasis Islam di Wonosobo.
Kata kunci: peran kepemimpinan; implementasi standar proses; standar poses pendidikan; Surat Al-Anbiya 73.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Ayu Setia Andarwati - Personal Name
Student ID
1208.30.1.21
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70134
Edisi
Published
Departement
S2 Pendidikan Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail