PENERAPAN PEMBACAAN ASMAUL HUSNA RUTINAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTs BERBAUR PRIGI JOLONTORO SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN PEMBACAAN ASMAUL HUSNA RUTINAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTs BERBAUR PRIGI JOLONTORO SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020

XML

HANI’ AS ‘ADAH, NIM : 2016010157. PENERAPAN PEMBACAAN ASMAUL HUSNA RUTINAN UNTUK MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI MTs BERBAUR PRIGI JOLONTORO SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2020.Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi banyak sekolahan yang menerapkan berbagai kegiatan pembiasaan atau rutinan yang dilakukan untuk meningkatkan religiusitas dari seorang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai penerapan Pembacaan Asmaul Husna Rutinan untuk meningkatkan religiusitas siswa di MTs Berbaur Prigi Jolontoro Sapuran Kabupaten Wonosobo. Maka dari itu penulis melakukan penelitian di sekolah tersebut untuk mengetahui (1) penerapan pembacaan asmaul husna rutinan untuk meningkatkan religisitas siswa (2) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi selama proses kegiatan (3) implikasi penerapan kegiatan tersebut.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif. Dalam proses pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi dengan berpedoman pada teori tentang Asmaul Husna serta religiusitas yang ada. Teknik analisis data yang digunakan dengan mereduksi data mengfokuskan pda hal yang penting, menyajikan data dalam bentuk uraian, dan menyimpulkan hasil analisis sesuai dengan hasil dan pembahasan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembacaan asmaul husna rutinan dapat meningkatkan religiusitas siswa. Adapun penerapan kegiatan ini dilakukan secara maksimal, disiplin, dan dilaksanakan setiap hari. Dengan berbagai faktor pendukung dengan berbagai kerjasama antar warga sekolah serta dilakukan dengan tertib dan memiliki konsep yang sudah tertata rapi. Selain itu terdapat faktor yang menghambat karena kurang disiplinnya siswa dan lingkungan yang kurang kondusif. Dengan adanya penerapan secara rutin dan diusahakan secara maksimal maka ada pengaruh yang dapat dilihat dalam diri siswa, yaitu siswa bisa lebih taqwa dan taat dalam beribadah selain itu siswa bisa lebih disiplin dan dapat menerapkan segala pengetahuan yang didapat dari kegiatan rutinan sebagai bentuk mengimani asma Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Asmaul Husna, Rutinan, Religiusitas.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hani’ As ‘Adah - Personal Name
Student ID
2016010157
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail