“PROBLEMATIKA STUNTING DAN RELEVANSINYA DENGAN AYAT-AYAT AL QURAN” (KAJIAN TEMATIKINTEGRASI-INTERKONEKTIF DALAM KITAB TAFSIR AL-MISBAH).

Detail Cantuman

Prodi Magister Ilmu Al-Qur'an

“PROBLEMATIKA STUNTING DAN RELEVANSINYA DENGAN AYAT-AYAT AL QURAN” (KAJIAN TEMATIKINTEGRASI-INTERKONEKTIF DALAM KITAB TAFSIR AL-MISBAH).

XML

Kesehatan adalah satu dari sekian karunia pemberian Allah tanpa adanya batasan dalam suatu kehidupan, al-Qur’an merupakan inti dari semua ilmu dan sumber solusi bagi setiap problema manusia disepanjang zaman. Kesehatan bagian dari faktor utama sebagi penunjang manusia untuk beribadah, Penelitian ini menghidangkan tentang kajian stunting atau kondisi gagal tumbuh yang hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia sebagai primadona simbol kesejahteraan yang tidak merata ditanah air yang merdeka, dengan menggunakan prespektif alQur’an sebagai alat untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan. Penelitian yang berjudul “Problematika Stunting Dan Relevansinya Dengan Ayat-Ayat Al Quran” (Kajian Tematik-Integrasi-Interkonektif Dalam Kitab Tafsir Al-Misbah). Akan membahas mengenai hubungan problematika stunting dengan ayat-ayat alQur’an dengan cara menguraikan permasalahan stunting dengan ayat-ayat alQur’an yang berhubungan menggunakan penafsiran M. Quraish Shihab dalam kitab tafsir al-Misbah dari dua disiplin ilmu, ilmu al-Qur’an dan kesehatan sehingga menghasilkan kerja sama antar disiplin ilmu, serta saling mengokohkan satu sama lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian yang mendasarkan pada kajian kepustakaan bersumber dari literasi-literasi relevan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penyebab stunting prespektif al-Qur’an serta bagaimana upaya pencegahan yang dapat dilakukan menurut al-Qur’an dengan menggunakan anilisis tahlili memaparkan kandungan ayat secara umum. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, faktor penyebab stunting menurut al-Qur’an : Lalai dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas, asupan makanan yang tidak menjadi perhatian, Proses penyusuan yang tidak diperhatikan. Dari faktor-faktor tersebut, apabila kita mau mencegah stunting dan menciptakan generasi yang berkualitas, maka kita harus mampu mengimplementasikan stategi al-Qur’an dalam mencegah stunting dengan cara menciptakan generasi berkualitas, pola makan dan asupan gizi yang seimbang, perhatian pada masa penyusuan anak. Hal ini sesuai dengan dasar perintah Allah dalam al-Qur’an guna menciptakan generasi berkualitas.
Kata Kunci : Stunting, Relevansi, Al-Qur’an.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
231.30.2.21
Dosen Pembimbing
Dr. Lilik Rochmad Nurcholisho, Lc., MA. - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Samsul Munir Amin, M.A. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
76131
Edisi
Published
Departement
S2 Ilmu Al-qur'an dan Tafsir
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail