PERSAINGAN PARA PEDAGANG PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pedagang Kue Kering dan Snack di Pasar Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Ekonomi Syariah

PERSAINGAN PARA PEDAGANG PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus Pedagang Kue Kering dan Snack di Pasar Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo)

XML

Persaingan para pedagang adalah suatu perwujudan dari hubungan antarsesama manusia sebagai salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan sehari haribaik berupa sandang, pangan, papan, maupun kebutuhan lainnya. Sehinggamenarik untuk dikaji proses dan sistem muamalahnya serta hukumnya dalamperspektif Islam. Namun dalam melakukan persaingan para pedagang ini PedagangKue Kering dan Snack di Pasar Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosoboini harus sesuai dengan Konsep Etika Bisnis Islam, yaitu Konsep keTuhanan,Amanat, Kejujuran, Adil, Tidak Menipu dan Menepati Janji.Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana perilaku pedagangkue kering dan snack di pasar Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobodalam persaingan dagang memasarkan produknya. Dan bagaimana hasil analisisPerspektif Etika Bisnis Islam terhadap persaingan para pedagang Pedagang KueKering dan Snack di Pasar Kertek Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.Research ini merupakan salah satu jenis penelitian (field research) yang berbentukresearch hukum normatif-empiris. Di sini, peneliti menggunakan sumber dataprimer serta skunder. Kemudian, metode dalam mengumpulkan data menggunakametode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.Secara garis besar penelitian ini mampu menjawab 2 rumusan masalah:pertama, Persaingan pedagang kue kering dan snack di Pasar Kertek KecamatanKertek Kabupaten Wonosobo. Artinya antara penjual dan pembeli bertemulangsung di pasar. Pedagang Kue Kering dan Snack di Pasar Kertek salingberdekatan sehingga mereka saling bersaing untuk memenangkan pasar, persainganyang terjadi di Pasar kertek menyangkut persaingan harga antar penjual kue keringdan snack, kualitas produk, penjualan produk ber-BPOM, dan kejujuran dalamtimbangan Kedua, persaingan pedagang kue kering dan snack di Pasar KertekKecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo belum sesuai dengan Prinsip Etika BisnisIslam, para pedagang kue kering dan snack mengetahui tentang Konsep EtikaBisnis Islam namun belum semua pedagang menerapkan Konsep Etika BisnisIslam dalam Persaingan Bisnis ini.
Kata Kunci : Persaingan Pedagang, Etika Bisnis Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ismi Yulaiha Fitriani - Personal Name
Student ID
2015070024
Dosen Pembimbing
Dr. H. Machfudz, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Nurma Khusna Khanifa, S.H., M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74234
Edisi
Published
Departement
Hukum Ekonomi Syariah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail