PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

XML

Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D menggunakan model Borg& Gall meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,revisi desain, ujicoba produk. Penelitian ini menggunaan metode penelitian preeksperimendenganpenelitianmenggunakanone group pre-test post-test. Designsubjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosoboyang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisdeskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis menggunakan deskriptifkualitatif meliputi kelayakan modul dari ahli materi, ahli media, dan respon siswa.Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif meliputi hasil peningkatanprestasi belajar.
Dari perhitungan angket validasi ahli materi diperoleh angka persentase77%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi ahli materi, modul tersebut termasukkategori layak. Dari perhitungan angket validasi ahli media diperoleh angkapersentase 67,692%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi ahli media, modultersebut termasuk kategori layak. Dari perhitungan angket validasi guru IPAdiperoleh angka persentase 84%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi guruIPA, modul tersebut termasuk kategori sangat layak. Dari perhitungan angketrespon siswa diperoleh angka persentase rata-rata 82,5%, maka berdasarkan kriteriainterpretasi kemenarikan, modul tersebut sangat menarik.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswasetelah dilakukannya pembelajaran menggunakan modul pembelajaran IPA yangdikembangkan oleh peneliti. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji N-Gainprestasi belajar sebesar 0,42 kategori “sedang”.
Kata kunci: Modul, IPA, Prestasi Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rifani Azwar Fakrian - Personal Name
Student ID
2015020017
Dosen Pembimbing
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, M. sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail