Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
XMLPenelitian ini merupakan jenis penelitian R&D menggunakan model Borg& Gall meliputi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain,revisi desain, ujicoba produk. Penelitian ini menggunaan metode penelitian preeksperimendenganpenelitianmenggunakanone group pre-test post-test. Designsubjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Takhassus Al-Qur’an Wonosoboyang berjumlah 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisdeskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis menggunakan deskriptifkualitatif meliputi kelayakan modul dari ahli materi, ahli media, dan respon siswa.Data yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif meliputi hasil peningkatanprestasi belajar.
Dari perhitungan angket validasi ahli materi diperoleh angka persentase77%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi ahli materi, modul tersebut termasukkategori layak. Dari perhitungan angket validasi ahli media diperoleh angkapersentase 67,692%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi ahli media, modultersebut termasuk kategori layak. Dari perhitungan angket validasi guru IPAdiperoleh angka persentase 84%, maka berdasarkan aspek kriteria validasi guruIPA, modul tersebut termasuk kategori sangat layak. Dari perhitungan angketrespon siswa diperoleh angka persentase rata-rata 82,5%, maka berdasarkan kriteriainterpretasi kemenarikan, modul tersebut sangat menarik.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswasetelah dilakukannya pembelajaran menggunakan modul pembelajaran IPA yangdikembangkan oleh peneliti. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji N-Gainprestasi belajar sebesar 0,42 kategori “sedang”.
Kata kunci: Modul, IPA, Prestasi Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rifani Azwar Fakrian - Personal Name
|
Student ID |
2015020017
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |