Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN QAWA’ID SISWA KELAS X SMA TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021
XMLPenelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest –postest. Populassiswa kelas X SMA Takhassus Al-Qur’an 2019/2020 sejumlah 3 kelas. Sampelpenelitian ini diperoleh dengan memilih kelas yang menggunakan Daringpenyampaiannya, yaitu dengan jumlah 19 siswa karena dalam kondisi Covid-19 terdapat 2 cara dalam menyampaikan pembelajaran yaitu dengan Laring dan Daring.Pengumpulan data dilakukan metode dokumentasi, metode observasi dan metode wawancara. Hasil data berupa nilai penguasaan Qawa’id siswa didapat dari observasi, dokumentasi berupa pembuatan pembuatan concept mapping dan profil sekolah dan wawancara berupa penguasaan Qawa’id siswa dan profil sekolah. Validitas instrument menggunakan validitas ahlil, Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji gain. Hasil analisis penelitian menunjukkan: penguasaan Qawa’id siswa dengan menggunakan metode concept mapping lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. Dengan hasil thitung = 8,62, sedangkan ttabel = 2,10 dengan taraf signifikan ɑ = 5 % karena thitung lebih besar dari ttabel (8,62 > 2,10) pada metode concept mapping siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil perhitungan uji gain diperoleh peningkatan sebesar 0,57 dengan kategori sedang.
Kata kunci : Metode Concept Mapping , Penguasaan Qawa’id.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Kuni Miftuchah Amalia - Personal Name
|
Student ID |
2016040005
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright | |
Doi |