PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN NAHWU SANTRI DI PPTQ AL-ASY'ARIYYAH 3

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN NAHWU SANTRI DI PPTQ AL-ASY'ARIYYAH 3

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan metode mind map dalam pembelajaran nahwu pada santri PPTQ al-Asy’ariyyah 3 Kalibeber Wonosobo.; 2) mengetahui peningkatan penguasaan nahwu setelah menggunakan metode mind map pada santri PPTQ al-Asy’ariyyah 3 Kalibeber Wonosobo.; 3) Untuk mengetahui perbedaan penguasaan nahwu antara yang menerapkan metode mind map dan yang tidak menerapkannya pada santri PPTQ al-Asy’ariyyah 3 Kalibeber Wonosobo. Penelitian dengan metode eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah santri kelas I PPTQ AlAsy’ariyyah 3 Kalibeber Wonosobo yang berjumlah 30 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum pembelajaran kedua kelompok diberikan soal pretest. Siswa kelompok ekperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan metode mind map sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Terus kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan soal posttest. Kemudian hasilnya diolah, dianalisis, dan dibandingkan mengunakan uji gain scor dan uji T-tes untuk mengetahui peningkatan nahwu dan perbedaan antara kedua kelompok yang diteliti. Hasil penelitian menunjukan: 1) Pembelajaran nahwu siswa kelas I di PPTQ al-Asy’ariyyah 3 Kalibeber Wonosobo dengan menggunakan metode Mind map dengan langkah-langkah pembelajarannya; 2) Peningkatan penguasaan nahwu Menggunakan Metode Mind map Pada Santri Kelas I PPTQ al-Asy’ariyyah 3 Kalibeber Wonosobo, dari hasil uji gain, menunukkan bahwa kelas eksperimen g=0,693,dan kelas kontrol g=0,468 termasuk dalam kategori sedang, hasil itu juga menunjukkan bahwa peningkatan kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas Kontrol.; 3) Ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Thitung=5,21 > ttabel=2,048 pada taraf signifikan 5% dengan dk 28, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Metode Mind Map, Nahwu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ibnu Afif - Personal Name
Student ID
183203130052
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mukromin, Alh, M.Ag - - Penguji 1
H. Ahmad Zudhi, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail