PENERAPAN METODE MODELLING THE WAY UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 MLIPAK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN METODE MODELLING THE WAY UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 MLIPAK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan metode Modelling TheWay dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri 2Mlipak Wonosobo. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PendidikanAgama Islam siswa kelas IV SD Negeri 2 Mlipak Wonosobo setelahmenggunakan metode Modelling The Way, dan untuk mengetahui seberapapeningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 2 MlipakWonosobo.Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan penelitiankuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu Intact Group Comparation.Populasinya adalah siswa kelas IV SD Negeri Mlipak Wonosobo dengan jumlah39 siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas IV yang dibagi menjadi dua kelasyaitu kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas kontrol berjumlah 19 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) penerapan metode Modelling TheWay pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Negeri 2 MlipakWonosobo tahun pelajaran 2019/2020, dengan metode ini pembelajaran menjadisemakin menarik, siswa lebih antusias dalam pembelajaran. 2) ada peningkatanhasil belajar siswa setelah menggunakan metode Modelling The Way dalam matapelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri 2 MlipakWonosobo. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh rata-rata hasil belajar dengan ujigain kelompok eksperimen sebesar 0,50 dan diperoleh rata-rata kelompok kontrolsebesar 0,43. Peningkatan kedua kelompok termasuk ke dalam kategori sedang. 3)ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata postest yang menggunakan metodeModelling the Way lebih tinggi yakni 83,25 dibandingkan kelas kontrol sebesar75 dengan hasil uji-t yang diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 9,604>2,715 dengantaraf signifikan 1% dan 5%=2,026.x
Kata Kunci : Metode, Modelling the Way, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dewi Sartika - Personal Name
Student ID
2016030019
Dosen Pembimbing
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail