URGENSI PENDIDIKAN KESHALEHAN SOSIAL PADA GENERASI MILLENNIAL (KAJIAN KITAB TAISIRUL KHALAK KARYA IMAM HAFIDH HASAN AL-MAS’UDI)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

URGENSI PENDIDIKAN KESHALEHAN SOSIAL PADA GENERASI MILLENNIAL (KAJIAN KITAB TAISIRUL KHALAK KARYA IMAM HAFIDH HASAN AL-MAS’UDI)

XML

Anggi Rachmawati. 2015010265. URGENSI PENDIDIKAN KESHALEHAN SOSIAL PADA GENERASI MILLENNIAL (Kajian Kitab Taisirul Khalak Karya Imam Hafidh Hasan al-Mas’udi). Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo, 2020.Latar belakang masalah pembuatan skripsi ini adalah bahwa di era teknologi ini, banyak orang khususnya para pemuda-pemudi zaman sekarang yang lebih di kenal dengan generasi millennial lupa bahwa Allah Swt menciptakan manusia itu memiliki sifat khalifatullah atau yang berarti memegang amanah untuk memelihara, melestarikan serta memanfaatkan semesta alam, karena itu mengandung makna hablum minannas wa hablum minal alam. Dalam kehidupan generasi millennial sekarang ini sangat memprihatikan, pasalnya kemudahan mengakses teknologi komunikasi dan internet digital yang tanpa batas bukan menjadi kelebihan mutlak bagi generasi tersebut, serta minimnya pendidikan akhlak dan budi pekerti menjadikan mereka generasi yang kurang peduli dengan lingkungan sosial.Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kandungan kitab Taisirul Khalak karya Imam Hafidz Hasan al-Mas’udi, untuk mengetahui konsep pendidikan keshalehan sosial yang terkandung dalam kitab Taisirul Khalak karya Imam Hafidz Hasan al-Mas’udi serta untuk mengetahui urgensi keshalehan sosial pada generasi millennial dalam kitab Taisirul Khalak karya Imam Hafidz hasan al-Mas’udi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan menelaah sumber-sumber penelitian berupa kitab Taisirul Khalak karya Ima Hafidz Hasan al-Mas’udi dan sumber lain yang melengkapi dan mendukung dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui isi kandungan kitab Taisirul Khalakd karya Imam Hafidz Hasan al-Mas’udi, sedangkan untuk analisis dalam skripsi ini menggunakan content analysis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Taisirul Khalak karya Imam Hafidz Hasan al-Mas’udi yang memuat tiga puluh satu bab semuanya memiliki keterkaitan pada bagaimana membentuk generasi yang memiliki keshalehan sosial. Urgensi keshalehan sosial pada kitab Taisirul Khalak karya Imam Hafidz Hasan al-Mas’udi pada masa sekarang adalah bahwa kita bias mengambil pelajaran dari nilai-nilai yang dibahas tentang bagaimana berinteraksi dengan orang lain yang kemudian kita terapkan pada masa sekarang. Cara kita sebagai makhluk sosial bekomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain masa dahulu dengan masa sekarang banyak berubah. Dengan demikian, nilai-nilai dalam kitab ini menjadi sangat penting diterapkan dalam kehidupan sekarang agar kecanggihan para generasi millennial yang kita miliki selaras dengan perilaku kita sehari-hari.

Kata Kunci: Keshalehan Sosial, Generasi Millennial, Kitab Taisirul Khalak


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anggi Rachmawati - Personal Name
Student ID
2015010265
Dosen Pembimbing
Mukromin, Alh, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail