EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGUASAAN MATERI KITAB SAFINATUNNAJAH DI SMP DARUL FALACH MARON GARUNG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGUASAAN MATERI KITAB SAFINATUNNAJAH DI SMP DARUL FALACH MARON GARUNG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

XML

Andi Susanto : EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM PENGUASAAN MATERI KITAB SAFINATUNNAJAH DI SMP DARUL FALACH MARON GARUNG WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo. November 2019.Pendidikan agama merupakan salah satu aspek penting dalam pemenuhan kebutuhan rohani setiap manusia. Syariat islam tidak akan di hayati dan diamalkan manusia jika hanya di ajarkan saja, tetapi harus dididik melalui proses pendidikan. Dalam serangkaian proses pembelajaran, seorang guru memerlukan metode untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Metode merupakan suatu hal yang terpenting yang harus di perhatikan oleh guru agar peserta didik dapat menyerap ilmu pengetahuan yang di berikan dengan baik.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pelaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran Kitab Safinatunnajah, mengetahui efektivitas metode sorogan dalam penguasaan materi Kitab Safinatunnajah dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam proses pembelajaran Kitab Safinatunnajah.Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Falach Garung Wonosobo, diawali dengan tahap interview yang dimaksudkan untuk mengetahui permasalahan yang timbul dalam proses pembelajaran kitab Kitab Safinatunnajah dengan menggunakan metode terdahulu. Kemudian dilanjutkan dengan observasi secara langsung dan pengambilan dokumentasi disetiap kegiatan yang dilakukan.Hasil dari wawancara terhadap narasumber diperoleh data bahwa penggunaan metode terdahulu yaitu metode bandongan kurang efektif dalam segi penguasaan tata bahasa dan pemahaman isi materi. Setelah dilakukan observasi langsung yaitu dengan menerapkan metode sorogan kepada siswa SMP Darul Falach, diperoleh hasil bahwa efektifitas metode sorogan lebih baik dibandingkan dengan metode sebelumnya yaitu metode bandongan.Agar proses pembelajaran Kitab Safiatunnajah dapat berjalan dengan lancar dan efektif, perlu adanya peran dari segenap guru untuk selalu memberikan semangat dan pengarahan kepada siswa agar mereka selalu aktif dalam belajar.
Kata kunci: efektivitas, safinatunnajah, sorogan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Andi Susanto - Personal Name
Student ID
2015010036
Dosen Pembimbing
Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail