PENGGUNAAN APLIKASI MARBEL HANACARAKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKSARA JAWA KELAS III MI MOJOSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGGUNAAN APLIKASI MARBEL HANACARAKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKSARA JAWA KELAS III MI MOJOSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

XML

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penggunaan aplikasi MarbelHanacaraka terhadap prestasi belajar Aksara Jawa, untuk mengetahui perbedaanprestasi belajar Aksara Jawa yang menggunakan dengan yang tidak menggunakanaplikasi Marbel Hanacaraka, serta untuk mengetahui adanya peningkatan prestasibelajar Aksara Jawa setelah penggunaan aplikasi Marbel Hanacaraka di Kelas III MIMojosari Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimendengan desain quasi eksperiment dengan bentuk nonequivalent control group design.Penelitian ini dilakukan di MI Mojosari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung.Sampel yang digunakan adalah semua siswa kelas III yang berjumlah 67 siswa yangterbagi menjadi 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dandokumentasi.Penggunaan aplikasi Marbel Hanacaraka dilakukan dengan melakukanaktivitas belajar sambil bermain menggunakan aplikasi Marbel Hanacaraka yangdiakses melalui smartphone. Penggunaan Aplikasi Marbel Hanacaraka diawali dengansiswa memilih mode belajar terlebih dahulu dilanjut memilih mode bermain. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Aksara Jawa yangmenggunakan dengan yang tidak menggunakan aplikasi Marbel Hanacaraka. Hal inidapat dilihat dari rata-rata nilai hasil posttest kelompok eksperimen sebesar 83,77sedangkan rata-rata nilai hasil posttest kelompok kontrol sebesar 48,73. Perbedaanjuga dibuktikan dengan hasil uji t yang diperoleh thitung 6,512 lebih besar dari ttabel padataraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,010. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkanadanya peningkatan prestasi belajar Aksara Jawa setelah penggunaan aplikasi MarbelHanacaraka dapat dilihat pada hasil uji gain pada kelas eksperimen adalah 0,81 artinyapeningkatan prestasi belajar aksara Jawa termasuk dalam kategori tinggi. Danpersentase efektivitas N-gain diperoleh nilai 81% yang termasuk kategori efektif.Sedangkan hasil uji gain pada kelas kontrol adalah 0,41 artinya peningkatan prestasibelajar aksara Jawa termasuk dalam kategori sedang. Dan persentase efektifitas N-gaindiperoleh nilai 41% yang termasuk kategori kurang efektif. Artinya penggunaanaplikasi Marbel Hanacaraka lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar aksaraJawa kelas III di MI Mojosari daripada dengan metode konvensioal.
Kata kunci: Marbel Hanacaraka, Prestasi Belajar, Aksara Jawa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dianita Purnamasari - Personal Name
Student ID
2017030181
Dosen Pembimbing
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
Dr. Asep Sunarko, M.Pd.I - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail