KONSEP KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN HADITS RIWAYAT BUKHORI NO. 13)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KONSEP KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN HADITS RIWAYAT BUKHORI NO. 13)

XML

AKASH NUR HIDAYATULLOH, NIM : 2016010009. MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL BAGI PESERTA DIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN HADITS RIWAYAT BUKHARI NO. 13) Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2020.Karakter Peduli sosial adalah Karakter yang mengajarkan kepada setiap manusia untuk saling menyayangi, peduli, dan tolong menolong kepada sesama manusia. Karakter ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, khususnya kepada peserta didik yakni setiap manusia yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Karakter peduli sosial ini juga termasuk dari delapan belas karakter menurut kemendikbud yang wajib untuk ditumbuhkan atau ditanamkan kepada peserta didik di seluruh indonesia. Karakter Peduli sosial ini juga dianjurkan didalam Islam, dimana terdapat didalam sebuah hadits yang menyatakan bahwa setiap manusia belum dikatakan sempurna keimanannya jika bersikap egois, apatis dan cenderung memikirkan sendiri, Islam menganjurkan kepada setiap manusia untuk mencintai dan menyangi orang lain seperti ia mencintai dan menyayangi dirinya sendiri.Tujuan penelitian ini adalah:1) untuk mengetahui konsep karakter peduli sosial bagi peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam, 2) untuk mengetahui konsep karakter peduli sosial yang terkandung dalam Hadits Riwayat Bukhari No. 13, 3) untuk mengetahui Implementasi Konsep karakter peduli sosial menurut Hadits Riwayat Bukhari No. 13 pada masa sekarang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan studi dokumenter (dokumentasi), Penelusuran data online, dan studi kepustakaan untuk menghimpun data yang yang sudah ada. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deduktif, induktif dan reduksi data.Hasil penelitian mengenai menumbuhkan karakter peduli sosial bagi peserta didik dalam perspektif pendidikan islam ini menunjukan tentang 1) Pentingnya kepedulian kepada orang lain, 2) Kesempurnaan keimanan seseorang , 3) karakter peduli sosial dalam pendidikan islam , 4) Langkah-langkah dalam menumbuhkan karakter peduli sosial.

Kata kunci : Karakter Peduli Sosial, Peserta Didik, Pendidikan Islam, Hadits Riwayat Bukhari No. 13


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Akash Nur Hidayatulloh - Personal Name
Student ID
2016010009
Dosen Pembimbing
Dr. KH. Ngarifin Sidiq, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.KH. Muchotob Hamzah, M.M - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail