IMPLEMENTASI MEDIA POHON LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 SELOMERTO TAHUN AJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

IMPLEMENTASI MEDIA POHON LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 SELOMERTO TAHUN AJARAN 2021/2022

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan media pohonliterasi dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Selomertotahun ajaran 2021/2022; 2) untuk mengetahui perbedaan literasi sains antara kelasyang menggunakan media pohon literasi dan yang tidak menggunakan dalammata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Selomerto tahun ajaran2021/2022; 3) untuk mengetahui peningkatan literasi sains setelah pembelajarandengan menggunakan media pohon literasi dalam mata pelajaran IPA pada siswakelas VIII di SMP N 2 Selomerto tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metodepenelitian eksperimen. Penelitian menggunakan desain quasy experimental designyang menggunakan nonequivalent control group design. Pemilihan sampel dalampenelitian ini menggunakan teknik purposive sampling mengambil sampel 64murid yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswakelas eksperimen menggunakan media pohon literasi dalam kegiatanpembelajaran sedangkan kelas kontrol menggunakan media konvensional dalamkegiatan pembelajarannya. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dikenakan pretestdan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (pretest danposttest bentuk pilihan ganda), dan dokumentasi. Soal untuk pretest dan posttestdiuji coba dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, taraf kesukaran, dandaya pembeda. Proses pengujian tes menggunakan Uji Normalitas, UjiHomogenitas, uji t-test, dan Uji N-Gain.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatankemampuan literasi sains siswa yang menerapkan media pohon literasi. Hal inidibuktikan dengan hasil dari uji statistik thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%yaitu 2,03 > 1,9 yang berarti ada perbedaan kemampuan literasi sains signifikanantara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji N-Gain di kelompokeksperimen yakni 0.6 dan kelompok kontrol yakni 0.4. Penelitian menyimpulkankemampuan literasi sains kelompok eksperimen dengan menerapkan media pohonliterasi lebih unggul daripada kemampuan literasi sains di kelompok kontroldengan menerapkan media konvensional sehingga penerapan media pohon literasike dalam kegiatan pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuanliterasi sains mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Selomertotahun ajaran 2021/2022.
Kata kunci: Pohon Literasi, Literasi Sains, Mata Pelajaran IPA


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lusiana Dewi - Personal Name
Student ID
2018020009
Dosen Pembimbing
Sri Jumini,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail