Prodi Pendidikan Fisika
IMPLEMENTASI MEDIA POHON LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 SELOMERTO TAHUN AJARAN 2021/2022
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan media pohonliterasi dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Selomertotahun ajaran 2021/2022; 2) untuk mengetahui perbedaan literasi sains antara kelasyang menggunakan media pohon literasi dan yang tidak menggunakan dalammata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Selomerto tahun ajaran2021/2022; 3) untuk mengetahui peningkatan literasi sains setelah pembelajarandengan menggunakan media pohon literasi dalam mata pelajaran IPA pada siswakelas VIII di SMP N 2 Selomerto tahun ajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metodepenelitian eksperimen. Penelitian menggunakan desain quasy experimental designyang menggunakan nonequivalent control group design. Pemilihan sampel dalampenelitian ini menggunakan teknik purposive sampling mengambil sampel 64murid yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Siswakelas eksperimen menggunakan media pohon literasi dalam kegiatanpembelajaran sedangkan kelas kontrol menggunakan media konvensional dalamkegiatan pembelajarannya. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dikenakan pretestdan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (pretest danposttest bentuk pilihan ganda), dan dokumentasi. Soal untuk pretest dan posttestdiuji coba dengan menggunakan uji validitas, realibilitas, taraf kesukaran, dandaya pembeda. Proses pengujian tes menggunakan Uji Normalitas, UjiHomogenitas, uji t-test, dan Uji N-Gain.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatankemampuan literasi sains siswa yang menerapkan media pohon literasi. Hal inidibuktikan dengan hasil dari uji statistik thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5%yaitu 2,03 > 1,9 yang berarti ada perbedaan kemampuan literasi sains signifikanantara kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji N-Gain di kelompokeksperimen yakni 0.6 dan kelompok kontrol yakni 0.4. Penelitian menyimpulkankemampuan literasi sains kelompok eksperimen dengan menerapkan media pohonliterasi lebih unggul daripada kemampuan literasi sains di kelompok kontroldengan menerapkan media konvensional sehingga penerapan media pohon literasike dalam kegiatan pembelajaran dapat membantu meningkatkan kemampuanliterasi sains mata pelajaran IPA pada siswa kelas VIII di SMP N 2 Selomertotahun ajaran 2021/2022.
Kata kunci: Pohon Literasi, Literasi Sains, Mata Pelajaran IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lusiana Dewi - Personal Name
|
Student ID |
2018020009
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |