PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF SELOMERTO PADA MATERI HUKUM I NEWTON

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF SELOMERTO PADA MATERI HUKUM I NEWTON

XML

Inkuiri terbimbing merupakan salah satu pandangan tentang prosespembelajaran yang menyatakan bahwa dalam proses belajar siswa dituntut untukmenemukan jawaban permasalahan melalui petunjuk guru. Penggunaan modelinkuiri terbimbing berbasis simulasi dalam proses belajar mengajar gunameningkatkan kemampuan literasi sains siswa diharapkan menjadi inovasi gurudalam melaksanakan pembelajaran dan lebih bersemangat dalam belajarmengajar. Sedangkan pemilihan objek dalam penelitian, peneliti memilih siswakelas VIII A MTs Ma‟arif Selomerto didasarkan ada problematika siswa yangkurang antusias dalam proses pembelajaran. Skripsi ini bertujuan untuk: 1. Untukmengetahui penerapan inkuiri terbimbing dengan simulasi dalam meningkatkanliterasi sains siswa. 2. Untuk mengetahui efektivitas diterapkannya inkuiriterbimbing dengan simulasi dalam peningkatan literasi sains siswa. 3. Untukmengetahui seberapa besar peningkatan literasi sains siswa dengan diterapkannyainkuiri terbimbing dengan simulasi.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenispenelitiannya bersifat eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 22 siswakelas VIII A di MTs Ma‟arif Selomerto. Sampel dalam penelitian ini yaitu satukelas VIII A. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan observasi.Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis, dan uji NGain.Berdasarkan data dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran inkuiri terbimbing dengan PhET simulation dapatmeningkatkan kemampuan literasi sains siswa di MTs Ma‟arif Selomerto dimanahasil akhir tes terdapat perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata pre-test danrata-rata post-test ditandai nilai p-value 0,027 <  0,05.
Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Simulasi, Literasi Sains, PhET.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dewi Susanti - Personal Name
Student ID
2018020034
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail