KONSEP PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PERSPEKTIF AL-QUR’AN SAINS (Studi Pemikiran Stephen Hawking dalam Buku A Brief History of Time dan Q.S. Yunus Ayat 3)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

KONSEP PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PERSPEKTIF AL-QUR’AN SAINS (Studi Pemikiran Stephen Hawking dalam Buku A Brief History of Time dan Q.S. Yunus Ayat 3)

XML

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui penciptaan alamsemesta menurut pandangan sains Stephen Hawking di dalam bukunya A BriefHistory of Time. 2) Mengetahui penciptaan alam semesta menurut al-Qur’ansurah Yunus ayat 3. 3) Mengetahui relevansi penciptaan alam semesta dalamperspektif al-Qur’an dan sains.Skripsi ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metodekepustakaan atau library research dengan teknik pengumpulan data yaitumenggunakan metode dokumentasi dan penelusuran data secara online. Analisisdata yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan teknik berpikirinduktif serta teknik tafsir tahlili (analisis).Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa: 1) Penciptaan alam semestamenurut al-Qur’an surah Yunus ayat 3 mengatakan bahwa alam semestamempunyai permulaan dan akhir, dibuktikan dengan penciptaan alam semestaatau bumi dan langit dalam enam masa serta adanya hari pembalasan. 2) StephenHawking telah menuangkan pemikirannya mengenai alam semesta di dalam bukuA Brief History of Time bahwa alam semesta tidak runtuh ke dalalm lubang hitamkarena singularitas. Singularitas adalah titik alam semesta dalam skala besar.Alam semesata muncul dari singularitas sebelum ruang waktu ada. 3) Menelaahal-Qur’an dengan konsep pemikiran seorang ilmuwan yang notabene tidakmempercayai Tuhan tak semudah membalikkan telakan tangan. Hawkingmengatakan bahwa alam semesta berawal dari ketakterhinggaan (singularitas), ituberarti Hawking mengakui alam semesta mempunyai permulaan, namun Hawkingmasih kurang yakin adanya campur tangan Tuhan dalam penciptaan alam semestaini. Hawking berkata bahwa teori-teori tersebut bisa berubah seiringberkembangnya penelitian sains. Di pihak lain, al-Qur’an sudah menggambarkanbahwa penciptaan alam semesta terdiri dari enam masa. Hal tersebut sinkrondengan penelitian sains, walaupun dalam ranah kepercayaan Hawking masihbelum yakin adanya Pencipta alam semesta.Kata Kunci : Alam Semesta, Stephen Hawking, al-Qur’an, Sains


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Zuliana Fauzun Ni'mah - Personal Name
Student ID
2017020019
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail