EFEKTIVITAS PENDEKATAN REPRESENTASI GRAFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTADIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

EFEKTIVITAS PENDEKATAN REPRESENTASI GRAFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTADIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perbedaanpembelajaran menggunakan pendekatan representasi grafik dengan pembelajaransecara konvensional. (2) Mengetahui efektivitas implementasi pendekatan representasigrafik terhadap perubahan kemampuan berfikir kritis peserta didik.Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPTakhassus Al-Quran Kalibeber Wonosobo tahun ajaran 2020/2021. Sampel yangdiambil adalah siswa kelas VIII yang bertempat tinggal di Blok K Putra PPTQ AlAsy’ariyyahbejumlah 80 siswa. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok sebagaikelompok control dan eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar angket.Analisis data menggunakan uji-t dan uji gain.Hasil analisis data yaitu (1) Pendekatan representasi grafik terbukti tidakberpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil uji hipotesisdengan uji t menghasilhan nilai p-value sebesar 0,342 menjadi alasan penerimaan H0yang menyatakan tidak ada pengaruh antara pendekatan representasi grafik dengankemampuan berpikir kritis. Pendekatan representasi grafik tidak berpengaruh terhadapprestasi belajar siswa dikarenakan beberapa hal antara lain: siswa cenderung kurangmemperhatikan guru saat menyampaikan materi, sarana dan prasarana kurangmemadai di lingkungan pondok pesantren, serta keterbatasan interaksi akibat pandemi.(2) Pendekatan representasi grafik terbukti tidak efektif dalam meningkatkankemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil observasi rata-rata kemampuan berpikirkritis kelas eksperimen dengan skor 62 lebih rendah dari kelas kontrol dengan skor 69.Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih rendah dikarenakantingkat kesukaran representasi grafik relatif lebih tinggi. Analisis uji gainmenghasilkan skor kelas eksperimen sebesar 0,276 dan kelas kontrol sebesar 0,284.Skor uji gain kelas eksperimen dan kontrol berada pada kategori rendah. Skor gainrendah menjadi bukti tambahan bahwa penerapan pendekatan representasi grafik tidakefektif.
Kata Kunci: Representasi grafik dan kemampuan berpikir kritis.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
M Muchsin - Personal Name
Student ID
2014020042
Dosen Pembimbing
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail