PENGARUH PEMBERIAN MADU TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN ULKUS DIABETES MELITUS TIPE II KARYA TULIS ILMIAH (LITERATUR REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

PENGARUH PEMBERIAN MADU TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN ULKUS DIABETES MELITUS TIPE II KARYA TULIS ILMIAH (LITERATUR REVIEW)

XML

Latar Belakang: Diabetes Melitus (DM) tipe 2 merupakan penyakit kronis yang membutuhkan supervisi medis berkelanjutan dan edukasi perawatan mandiri pada pasien. Komplikasi pada DM tipe 2 diantaranya timbulnya ulkus atau luka diabetik. Perawatan luka menggunakan madu dapat mempertahankan lingkungan tetap lembab dan seimbang dengan permukaan kulit. Madu juga dipercaya memiliki kadar osmolaritas yang tinggi sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan luka. Tujuan: Mengetahui pengaruh perawatan luka menggunakan madu untuk mempercepat penyembuhan ulkus pasien Diabetes Melitus tipe 2. Metode: Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah literature review yaitu sebuah pencarian literature baik nasional maupun internasional menggunakan Google scholar dengan kata kunci “Diabetes Melitus”, “ulkus”, dan “madu”. Dari hasil pencarian digunakan 3 artikel untuk direview. Hasil: Dengan intervensi perawatan luka diabetik menggunakan madu, secara keseluruhan mendapatkan hasil yang signifikan yaitu mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi jaringan nekrotik pada luka. Kesimpulan: Ada pengaruh terapi perawatan luka menggunakan madu terhadap proses penyembuhan ulkus pada pasien Diabetes Melitus tipe 2 setelah dilakukan perawatan secara rutin, ditandai dengan pengurangan jaringan nekrotik pada luka.
Kata Kunci: Diabetes Melitus tipe 2, Madu, Ulkus.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Wanti - Personal Name
Student ID
2018200010
Dosen Pembimbing
Ns. Siti Khoiriyah, M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail