PENGARUH PEMBERIAN ASI UNTUK MENCEGAH KEJADIAN IKTERUS PADA ASUHAN KEPERAWATAN BAYI DENGAN HIPERBILIRBINEMIA (LITERATURE REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

PENGARUH PEMBERIAN ASI UNTUK MENCEGAH KEJADIAN IKTERUS PADA ASUHAN KEPERAWATAN BAYI DENGAN HIPERBILIRBINEMIA (LITERATURE REVIEW)

XML

Latar Belakang : Hiperbilirubinemia merupakan keadaan dimana kadar bilirubin pada bayi baru lahir lebih dari 5mg/dl. Keadaan ini akan muncul ikterus yaitu munculnya warna kuning pada kulit, mata, mukosa dan organ lainnya. Keadaan ini memerlukan penanganan, salah satunya pemberian ASI untuk mencegah kejadian ikterus. Tujuan : Mempelajari pengaruh pemberian ASI untuk mencegah kejadian ikterus pada bayi hiperbilirubinemia. Metode :Artikel ditemukan dari tahun 2017-2021 pada Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan Literature Review dengan pencarian menggunakan database Google Scholar. Hasil : Litrature Review ini menggunakan 3 artikel dengan pokok bahasan berkaitan dengan pengaruh pemberian ASI untuk mencegah kejadian ikterus pada bayi hiperbilirubinemia. Semua artikel penelitian menyebutkan pengaruh yang signifikan dari pemberian ASI terhadap pencegahan ikterus dengan frekuensi pemberian ASI sesering mungkin atau setiap 2 jam (8-12x/hari). Kesimpulan : Pemberian ASI efektif dan berpengaruh dalam mencegah kejadian iktrus.
Kata Kunci : Hiperbilirubinemia, ASI, Bilirubin, Ikterus.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Septiani Diah Nurrohmah - Personal Name
Student ID
2018200065
Dosen Pembimbing
Ns. Ika Purnamasari, M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail