PENGARUH PEMBIASAAN BERIBADAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SOSIAL (ESQ) PADA ANAK USIA DINI DI POS PAUD HARAPAN BUNDA DESA DEPOK KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

PENGARUH PEMBIASAAN BERIBADAH TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SOSIAL (ESQ) PADA ANAK USIA DINI DI POS PAUD HARAPAN BUNDA DESA DEPOK KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN WONOSOBO

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana pembiasaanberibadah di POS PAUD Harapan Bunda Desa Depok Kecamatan KalibawangKabupaten Wonosobo.(2) Bagaimana kondisi kecerdasan emotional sosialquotient (ESQ) anak di POS PAUD Harapan Bunda Desa Depok KecamatanKalibawang Kabupaten Wonosobo. (3) Apakah Ada pengaruh pembiasaanberibadah terhadap kecerdasan emotional sosial quotient (ESQ) anak di POSPAUD Harapan Bunda Desa Depok Kecamatan Kalibawang KabupatenWonosobo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif dengan teknik pengumpulandata dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara dan metodedokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak di POS PAUD HarapanBunda Depok Kalibawang Wonosobo dengan rentang usia 4-5 tahun.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Dari hasil perhitungan angket rata-ratavaribel pembiasaan beribadah sebesar 38,7 masuk dalam kategori cukup baik.(2)Dari hasil perhitungan angket rata-rata variabel Kecerdasan emotional sosial(ESQ) pada anak di Pos PAUD Harapan Bunda Depok Kalibawang Wonosobosebesar 48,2 masuk katagori baik. (3) Untuk mengetahui apakah terdapathubungan antara pembiasaan beribadah dengan ESQ anak di Pos PAUD HarapanBunda maka digunakan analisis pengaruh product moment. Berdasarkan hasilanalisis di atas diperoleh rhitung sebesar 0,574. Hasil tersebut menunjukkanadanya pengaruh positif antara pembiasaan beribadah dengan ESQ anak di PosPAUD Harapan Bunda Kalibawang Kabupaten Wonosobo Denganmemperhatikan rhitung sebesar 0,574 yaitu masuk dalam kisaran 0,60 – 0,799.Berdasarkan acuan pedoman untuk memberikan interpretasi terhadap pengaruhdapat diketahui bahwa ada pengaruh positif antara pembiasaan beribadah denganESQ anak di Pos PAUD Harapan Bunda Kalibawang Kabupaten Wonosobo danmasuk dalam kategori kuat. Selanjutnya setelah diketahui rhitung sebesar 0,574dibandingkan dengan rtabel untuk df = N - 2= 20 – 2 = 18 pada taraf signifikasi5% adalah 0,443 dan pada taraf signifikasi 1% adalah 0,561. Sehingga rhitunglebih besar dari rtabel maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antaradua variabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dansignifikan antara pembiasaan beribadah dengan ESQ anak di Pos PAUD HarapanBunda Kalibawang Kabupaten Wonosobo.
Kata Kunci : Pembiasaan Beribadah , Kecerdasan Emotional Sosial (ESQ).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Windarti - Personal Name
Student ID
2018240130
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail