HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI ANAK DENGAN KEMANDIRIAN PERILAKU ANAK KELAS B DI RA WILDANUL JANNAH KALIKAJAR WONOSOBO TAHUN 2019/2020

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI ANAK DENGAN KEMANDIRIAN PERILAKU ANAK KELAS B DI RA WILDANUL JANNAH KALIKAJAR WONOSOBO TAHUN 2019/2020

XML

Tujuan penelitian ini antara lain adalah 1) untuk mengetahui interaksi anak di RA Wildanul Jannah Kalikajar wonosobo tahun 2019/2020, 2) untuk mengetahui kemandirian anak usia dini kelompok B RA Wildanul Jannah Kalikajar tahun 2019/2020, dan 3) untuk mengetahui hubungan antara interaksi anak dengan kemandirian perilaku anak kelas B di RA Wildanul Jannah Kalikajar tahun 2019/2020.
Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket. Dalam menganalisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu: analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) dari hasil perhitungan tentang interaksi anak kelas B RA Wildanul jannah kalikajar dikatakan bahwa interaksi anak memperoleh skor tertinggi yaitu 20 atau 50% hal ini masuk dalam kategori baik, 2) kemandirian perilaku anak kelas B RA Wildanul jannah kalikajar tahun 2019/2020 memperoleh skor tertinggi terdapat pada kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan tabel prosentase yang memperoleh nilai tertinggi terletak pada kategori sangat baik yaitu sejumlah 28 siswa sebesar 70%, 3) hubungan antara interaksi anak dengan kemandirian perilaku anak kelas B RA Wildanul jannah dapat diketahui dari hasil angket, hasil angket interaksi anak 80,57 dengan prosentase 50% pada interval 83-88. Kemandirian perilaku anak 93,37 dengan prosentase sebesar 70%. Koefisien (rxy) sebesar 0,558 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 1% = 0,558 > 0,403 maupun taraf signifikan 5% = 0,558 > 0,312. Sehingga hipotesis yang peneliti ajukan bahwa ada pengaruh yang positif antara interaksi anak dengan kemandirian perilaku anak kelas B RA Wildanul Jannah Kalikajar tahun 2019/2020 adalah diterima. Artinya bahwa semakin baik interaksi anak akan semakin baik kemandirian perilaku anak kelas B RA Wildanul Jannah Kalikajar tahun 2019/2020.
Kata kunci : interaksi, kemandirian, perilaku anak.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maratun Solechah - Personal Name
Student ID
2018240079
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
Hidayatu munawaroh, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail