Prodi PIAUD
PERANAN GURU PENDAMPING DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL PERKEMBANGAN KELOMPOK A DI BA AISYIYAH 5 KUTABANJARNEGARA
XMLTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peranan guru pendamping dalam pembelajaran terhadap hasil perkembangan kelompok A di BA Aisyiyah 5 Kutabanjarnegara (2) Untuk mengetahui kendala atau hambatan guru pendamping dalam pembelajaran terhadap hasil perkembangan kelompok A di BA Aisyiyah 5 Kutabanjarnegara (3) Untuk mengetahui hasil perkembangan peserta didik kelompok A di BA Aisyiyah 5 Kutabanjarnegara.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan (1) Peranan guru pendamping memang sangat berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran anak yang sifatnya membantu meningkatkan perkembangan anak secara maksimal (2) Faktor kendala dan penghambatnya adalah keberagaman karakter peserta didik dari berbagai latar belakang lingkungan, kesibukan orang tua, juga keterbatasan waktu (3) Hasil perkembangan kelompok A yang dapat dilihat dari nilai yang telah dikembangkan dalam penilaian perkembangan anak. Anak mulai mandiri, berbahasa dengan lancar, bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, yang tadinya tidak tahu sekarang menjadi tahu dan prestasi anak-anak yang didapatkan di dalam atau di luar sekolah mendapatkan respon orang tua yang sangat baik.
Kata kunci : Peranan, Guru Pendamping, Hasil Perkembangan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ika Devina Wulanda - Personal Name
|
Student ID |
2015240015
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2019 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |