DAMPAK PERKEMBANGAN ANAK DIDIK R.A BANGKIT NUSANTARA YANG DITINGGAL ORANG TUA MENJADI TKI

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

DAMPAK PERKEMBANGAN ANAK DIDIK R.A BANGKIT NUSANTARA YANG DITINGGAL ORANG TUA MENJADI TKI

XML

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat diskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perkembangan anak didik R.A Bangkit Nusantara yang ditinggal orang tua menjadi TKI. Serta untuk mengetahui upaya mengatasi dampak permasalahan perkembangan anak didik R.A Bangkit Nusantara yang ditinggal orang tua menjadi TKI.
Subyek penelitian adalah orang yang berhubungan langsung dalam memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian kualitatif yaitu guru dan kepala sekolah, sedangkan obyek penelitiannya adalah bagaimana upaya guru dalam mengatasi dampak permasalahan perkembangan anak didik yang ditinggal orang tua menjadi TKI.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Metode observasi melalui partisipasi dalam artian ikut langsung di lokasi penelitian. Sedangkan wawancara peneliti menggunakan konsep terstruktur dengan menyiapkan pertanyaan. Dokumentasi dilakukan dengan pengambilan gambar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan anak yang ditinggal orang tua menjadi TKI cenderung memiliki masalah emosi dan sosial serta potensi kognitif buruk. Anak akan cenderung merasa kurang kasih sayang, dan masalah emosi (kurang percaya diri dan minder). Sehingga mempengaruhi perkembangannya motorik, kognitif, bahasa, sosial, emosi. Fakta menunjukkan bahwa anak migran mempunyai kondisi psikologis yang kurang baik dibandingkan dengan kondisi psikologis anak non‐ migran. Sedangkan upaya mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan pola asuh demokratis. Gaya pengasuhan demokrasi (authoritative parenting) mendorong anak untuk mandiri namun masih menerapkan batas dan kendali pada tindakan mereka. Guru juga mengharapkan perilaku anak yang dewasa, mandiri dan sesuai dengan usianya.
Kata Kunci: Anak Didik, Dampak, Perkembangan, Orang Tua, TKI.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Chomariyah - Personal Name
Student ID
2015240029
Dosen Pembimbing
Sri Haryanto Alfandy, M. Pd.I. - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Penguji 1
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail