UPAYA GURU RA AL FATAH 2 PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA DINI

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

UPAYA GURU RA AL FATAH 2 PARAKANCANGGAH BANJARNEGARA DALAM MENINGKATKAN ASPEK PERKEMBANGAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA DINI

XML

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana aspek perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak di RA Al Fatah 2 Parakancanggah Banjarnegara. (2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru RA Al Fatah 2 Parakancanggah Banjarnegara dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik. (3) Untuk mengetahui hambatan guru dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif,afektif, dan spikomotorik anak di RA Al Fatah 2 Parakancanggah Banjarnegara.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan (1) Perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak di RA Al Fatah 2 Parakancanggah Banjarnegara berkembang secara bertahap dan kontinyu sesuai dengan tahap perkembangannya. (2) Upaya guru dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak di RA Al Fatah 2 Parakancanggah Banjarnegara (a). Upayadalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif melalui kegiatan bermain congklak, bermain puzzle, bermain balok.. (b) Upaya dalam meningkatkan aspek perkembangan afektif melalui kegiatan bermain drama (bermain peran). (c) Upaya dalam meningkatkan aspek perkembangan psikomotorik melaui kegiatan bermain balok titian dan bermain lego. (3) Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan aspek perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik yaitu : (a). Sarana dan prasarana yang terbatas khususnya Alat Peraga Edukatif (APE) yangdapat meningkatkan aspek perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak, (b). Adanya guru yang belum memenuhi standar kualifikasi pendidikan (S1) sehingga kurang paham tentang aspek perkembangan anak, (c). Keberadaan ruang kelas yang sempit menyebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang kondusif, hal ini sangat menghambat proses belajar mengajar, (d). Banyak orangtua yang menyerahkan sepenuhnya anak kepada guru, hal ini karena kurangnya waktu dari orangtua untuk anaknya, orangtua sibuk dengan pekerjaannya.
Kata Kunci : Upaya, kognitif, afektif, dan psikomotorik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aan Septiana Setiawati - Personal Name
Student ID
2015240027
Dosen Pembimbing
Sri Haryanto Alfandy, M. Pd.I. - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Penguji 1
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail