IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU NASIONAL SATU NUSA SATU BANGSA OLEH LIBERTY MANIK PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN KALIPANCUR 01

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU NASIONAL SATU NUSA SATU BANGSA OLEH LIBERTY MANIK PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN KALIPANCUR 01

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air peserta didik kelas 4 SDN Kalipancur 01, 2). Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu nasional satu nusa satu bangsa oleh liberty manik peserta didik kelas 4 SDN Kalipancur 01, 3). Faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu nasional satu nusa satu bangsa oleh liberty manic peserta didik kelas 4 SDN Kalipancur 01.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder (buku referensi yang berkaitan dengan artikel, jurnal,dan skripsi terdahulu). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi pendidikan karakter cinta tanah air peserta didik kelas 4 SDN Kalipancur 01 sudah di terapkan dengan baik oleh pihak sekolah denganmelakukan kegiatan pembiasaan menerapkan 5S (senyum, salam, sapa sopan, santun). 2) implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu nasional satu nusa bangsa oleh liberty manik peserta didik kelas 4 yaitu bertujuan untuk membiasakan anak supaya hafal lagu-lagu nasional, memahami simbol Negara, melestarikan budaya dan menghargai jasa para tokoh/pahlawan nasional, sebagai sarana membentuk karakter siswa yang diharapkan sesuai dengan visi dan misi sekolah 3) faktor penghambat dan pendukung implementasi pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembiasaan menyanyikan lagu nasional satu nusa satu bangsa oleh liberty manik peserta didik kelas 4 yaitu faktor lingkungan pergaulan siswa, faktor teknologi yang di salahgunakan dan harus adanya bimbingan dak waktu yang cukup lama. Adapun faktor pendukungnya yaitu dukungan positif dari orang tua, tenaga pengajar, dan adanyanya tekad dan kemauan dari diri sendiri peserta didik dalam perilaku cinta tanah air.
Kata kunci : pendirikan karakter, cinta tanah air.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Windi Astuti - Personal Name
Student ID
2018030019
Dosen Pembimbing
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, S. Si., M.Sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail