Prodi PGMI
IMPLEMENTASI PROGRAM INFAQ DAN SHODAQOH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MI MA’ARIF BUDILUHUR KERTEK TAHUN AJARAN 2021/2022
XMLSalah satu permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia adalah krisis moral dan karakter, khususnya karakter peduli sosial. Untuk itu pentingnya pembentukan karakter peduli sosial siswa salah satunya melalui implementasi infaq dan shodaqoh di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui implementasi infaq dan shodaqoh di MI Ma’arif Budiluhur, kedua untuk mengetahui strategi menanamkan infaq dan shodaqoh di MI Ma’arif Budiluhur, ketiga untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan infaq dan shodaqoh di MI Ma’arif Budiluhur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) Implementasi infaq dan shod aqoh di MI Ma’arif Budiluhur termasuk dalam kategori sangat cukup dan siswa dapat mengikutinya dengan baik.(2) Strategi yang di terapkan di MI Ma’arif Budiluhur dalam melaksanakan program infaq dan shodaqoh setiap hari, siswa pun sudah banyak yang melakukan infaq dan shodaqoh dengan baik. (3) Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan program infaq dan shodaqoh diantaranya siswa yang lupa membawa uang untuk berinfaq, siswa yang masih belum memahami konsep infaq dan shodaqoh dan orang tua siswa yang lupa mengingatkan anaknya untuk berinfaq dan bershodaqoh. Kata kunci: Implementasi, Pembentukan, Infaq, Shodaqoh
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Novi Richawardah - Personal Name
|
Student ID |
2018030057
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |