ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PARAKAN KAUMAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi PGMI

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 PARAKAN KAUMAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam proses pembelajaran yang terdapat di kelas IV sekolah dasar Negeri 05 Parakan Kauman. Masih banyak para guru yang ketika mengajar tidak memberikan minat dan kreatifitas pada anak didiknya. Hal ini didasari bahwa masih terlalu monoton dalam menerapkan gaya belajar, sehingga anak didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga anak didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan sebuah inovasi dalam suatu pembelajaran, salah satu yang sudah dilakukan inovasi adalah SD Negeri 06 Parakan Kauman Temanggung, para guru sudah menerapkan gaya belajar yang berbasis visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan penyajian secara deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah dan guru/wali kelas. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisi data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Gaya belajar menjadi faktor utama dan penentu bagi terlaksananya proses pembelajaran, para guru kemudian memodifikasi dan menerapkan tiga gaya belajar yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Dengan demikian proses pembelajaran dapat menumbuhkan minat dan ketertarikan dari peserta didik. (2) Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Parakan Kauman Temanggung yang memiliki kecenderungn gaya belajar visual mayoritas lebih suka meteri-materi yang disajikan dengan visualisasi. Kemampuan belajar sangat mengandalkan indera penglihatan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap siswa dalam proses pembelajaran memiliki kecenderungan pada salah satu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Gaya belajar yang paling menonjol digunakan siswa adalah gaya belajar visual. (3) Hambatan bersumber dari lingkungan fisik yaitu julah rombel besar sehingga guru kesulitan dalam pengaturan ruang. Hambatan bersumber dari kondisi sosioo-emosional yaitu guru kesulitan memusatkan perhatian siswaa. Hambatan bersumber dari kondisi organisasional yaitu kedisiplinan kurang dan kenakalan siswa.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Kelas IV, SD Negeri 06 Parakan Kauman Temangggung.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2018030059
Dosen Pembimbing
Dr. H. Nasokah, Alh.M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail