Prodi PIAUD
IMPLEMENTASI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN BONEKA JARI DALAM MENINGKATKAN EMPATI ANAK USIA DINI DI TK MASYITOH DEMPEL KALIBAWANG WONOSOBO
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui,(1) bagaimana kemampuanberempati pada anak usia dini di TK Masyithoh Dempel Kalibawang Wonosobo. (2)bagaimana implementasi metode bercerita dengan menggunakan boneka jari dalammeningkatkan empati anak usia dini di anak usia dini di TK Masyithoh DempelKalibawang Wonosobo.(3) apa saja hambatan yang dialami guru meningkatkanempati anak usia dini di anak usia dini di TK Masyithoh Dempel KalibawangWonosobo.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, Subjek penelitianadalah siswa anak di TK Masyithoh Dempel Kalibawang Wonosobo, sebanyak 15siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dandokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulandata, pengurangan data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Kemampuan berempati Anak di TK MasyithohDempel Kalibawang Wonosobo telah memiliki kemampuan empati cukup baiknamun belum maksimal. anak yang masuk kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB)berjumlah 11 anak, kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) berjumlah 2 anak,kriteria Mulai Berkembang (MB) berjumlah 2 anak dan kategori Belum Berkembang0 anak. (2) Implementasi metode bercerita dengan boneka jari dalam kegiatan yangtelah guru lakukan di TK Masyithoh Dempel Kalibawang Wonosobo, untukmeningkatkan kemampuan berempati anak usia dini di TK Masyithoh DempelKalibawang Wonosobo anak yaitu sebagai berikut: (a) Langkah pertama yaitumenetapkan tujuan dan tema sesuai dengan yang direncanakan. (b) Langkah keduayaitu telah menetapkan bentuk bercerita yang dipilih sesuai dengan tema yang telahditetapkan sebelumnya (c) Langkah ketiga yaitu menetapkan bahan dan alat yangdiperlukan untuk kegiatan bercerita sesuai dengan yang direncanakan. (d) Langkahkeempat yaitu sebelum mulai bercerita mengatur tempat duduk anak terlebih dahulu.(e) Langkah kelima yaitu pembukaan kegiatan bercerita sesuai dengan tujuan dantema yang sudah ditetapkan(g) Langkah terakhir yaitu mengajukan pertanyaan padaakhir kegiatan bercerita. Ini sangat penting untuk mengetahui seberapa besarperhatian dan tanggapan anak terhadap isi cerita yang disampaikan oleh guru.(3)Beberapa faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan emosional anakmelalui metode bercerita atau bercerita (a) Sifat egosentris anak yang masihtinggi,(b) Kurangnya media pembelajaran (c) Faktor Lingkungan
Kata Kunci : Kemampuan Berempati , Metode Bercerita, Boneka Jari.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Umi Mulisoh - Personal Name
|
Student ID |
2017240024
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |