ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MI MAARIF SOJOKERTO DAN SD N TLOGO 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Detail Cantuman

ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM MENULIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MI MAARIF SOJOKERTO DAN SD N TLOGO 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

XML

Penelitian ini bertujuan pertama, untuk mengetahui kompetensi guru dalam menulis penelitian tindakan kelas di MI Maarif Sojokerto dan SD N Tlogo 1. Kedua, untuk mengetahui upaya kepala sekolah untuk meningkatkan guru dalam menulis penelitian tindakan kelas di MI Maarif Sojokerto dan SD N Tlogo 1. Ketiga, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan menulis penelitian tindakan kelas di MI Maarif Sojokerto dan SD N Tlogo . Jenis penelitian skripsi ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitia ini dilaksanakan di MI Maarif Sojokerto dan SD N Tlogo 1, dengan subjek kepala sekolah dan guru kelas. Instrumen yang digunakan meliputi penelitian, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi, dan penerapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam menulis penelitian tindakan kelas di MI Maarif Sojokerto melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar guru belum menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat 20% guru yang menggunakan PTK dan 80% guru belum menggunakan PTK. Dari 100% guru mengenal PTK namun yang mengaku telah memahami PTK hanya 20%, dengan kata lain 80% guru di MI Maarif Sojokerto belum memahami atau terampil dalam menulis penelitian tindakan kelas. Sedangkan, kompetensi guru di SD N Tlogo 1 sudah ada setengah dari jumlah keseluruhan guru telah menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Terdapat 50% guru yang menggunakan PTK dan 40% guru belum menggunakan PTK. Dari 100% guru mengenal PTK yang mengaku telah memahami PTK ada 50%, dengan kata lain 40% guru di SD N Tlogo 1 belum memahami atau terampil dalam menulis penelitian tindakan kelas. Kata Kunci : Kompetensi, menulis, penelitian tindakan kelas (PTK)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Elmida Cahyaningrum - Personal Name
Student ID
2018030028
Dosen Pembimbing
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail