Prodi PIAUD
PENINGKATAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN LATIHAN MANASIK HAJI/UMRAH DI TK AISYIYAH 4 RECO KELOMPOK B DESA RECO KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO
XMLTujuan dari penulisan skripsi ini adalah:1) Untuk mengetahuiperkembangan nilai agama dan moral anak-anak di TK Aisyiyah 4 Reco sebelumdilaksanakan kegiatan latihan manasik haji/umrah. 2) Untuk mengetahui seberapabesar peningkatan perkembangan aspek nilai agama dan moral anak usia dini di TKAisyiyah 4 Reco setelah dilaksanakan kegiatan latihan manasik haji/umrah, 3)Untuk mengetahui kesulitan/hambatan yang ditemukan pada saat pelaksanaankegiatan latihan manasik haji pada anak-anak di TK Aisyiyah 4 Reco.
Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya adalah deskripdtif kulaitatif. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik observasi partisipant, wawancara mendalam dandokumentasi. Subjek penelitian yang akan diteliti adalah pihak-pihak yang ada diTK Aisyiyah 4 Reco, yang memiliki kompetensi dengan penelitian tersebut,diantaranya adalah: Kepala Sekolah, Guru-guru, Siswa-siswa, dan Walimurid TKAisyiyah 4 Reco. Pada penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitiannaturalistik, sehingga analisis data dilakukan langsung di lapangan bersamaandengan pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perkembangan nilaiagama dan moral anak di TK Aisyiyah 4 Reco sebelum dilaksanakan kegiatanlatihan manasik haji/umrah rata-rata sudah cukup baik atau berkembang sesuaiharapan. Nilai-nilai yang dikembangkan pada anak cukup banyak, seperti nilaikeagamaan, yaitu dengan hafalan do’a-do’a sehari-hari, hafalan surat pendek,praktik sholat, kemandirian, kejujuran, sopan santun, dan dijelaskan mengenai halyang baik dan buruk.. Selain itu, juga menggunakan metode KIBAR, yaitu metodedalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an anak. Kedua, Peningkatan nilaiagama dan moral anak usia dini di TK Aisyiyah 4 Reco setelah dilaksanakankegiatan latihan manasik haji/umrah mengalami perkembangan yang lebih baik.Kegiatan ini membuat anak lebih bersemangat, karena mereka belajar dengansuasana yang berbeda, yaitu di lapangan terbuka, sehingga menyenangkan danpesan yang ingin disampaikan menjadi lebih mudah diterima oleh anak. Ketiga,hambatan dan kendala dalam pelaksanaan kegiatan latihan manasik haji/umrahadalah: 1) anak yang masih lari-larian di lapangan tempat keigatan, saling berebutsaat melempar jumrah, anak pemalu, anak yang merasa terganggu dengan pakianihram, dan lain-lain,kurangnya pengetahuan dan pengalaman orang tua maupunguru tentang ibadah haji, karena mereka belum pernah melaksanakan ibadah haji.
Kata kunci: Peningkatan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini, KegiatanLatihan Manasik Haji/Umrah.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sri Rahayu Ningsih - Personal Name
|
Student ID |
2017240019
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |