ASUHAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DIABETES MELLITUS PADA PASIEN GANGREN DM DENGAN TINDAKAN PERAWATAN LUKA MENGGUNAKAN MADU(LITERATURE REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH DIABETES MELLITUS PADA PASIEN GANGREN DM DENGAN TINDAKAN PERAWATAN LUKA MENGGUNAKAN MADU(LITERATURE REVIEW)

XML

Latar belakang : Salah satu upaya untuk mengatasi luka gangren pada DMadalah pemberian terapi Madu untuk meningkatkan efektifitas proses kesembuhanpada luka gangren.Tujuan dan manfaat : Mengetahui Asuhan Keperawatan Medikal BedahDiabetes Mellitus Pada Pasien Gangren DM Dengan Tindakan Perawatan LukaMenggunakan Madu. Manfaat Literatur rivew ini untuk meningkatkanpengetahuan Perawat dalam pemberian terapi madu pada luka gangren.Metode : Metode yang digunakan adalah literature review, dengan Database yangdigunakan adalah Google Scholar, menggunakan kata kunci “Luka Gangren”,“Madu” dan “Wound Care”. Penulis menemukan 7 artikel dan mengambil 3artikel yang relevan untuk direview.Hasil : Hasil review menunjukkan adanya pengaruh signifikan dalam pemberianintervensi terapi madu terhadap luka gangren pada pasien gangren DM. Artikelpertama menguji efektifitas madu terhadap luka gangen dan didapatkan hasil p =0,023 (p<0,05). Artikel kedua membandingkan efektifitas perawatan luka gangrenmenggunakan madu dan sofratulle dan didapatkan hasil madu memiliki efektifitasyang lebih tinggi. Artikel ketiga membandingkan efektifitas madu, VCO, danproduk farmasi dan didapatkan hasil ketiga sediaan tidak memiliki perbedaanefektifitas penyembuhan luka gangren, sehingga efektifitas madu dapatdisetarakan dengan kedua sediaan tersebut.Kesimpulan : Terapi perawatan luka menggunakan madu efektif dalam prosespenyembuhan luka pada pasien gangren DM.
Kata Kunci : madu, luka gangren, wound care.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Tri Febiyana - Personal Name
Student ID
2017200023
Dosen Pembimbing
Ns. M. Fahrurozi. M. Kes - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail