Prodi PIAUD
PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU KALILEMBU KARANGDADAP PEKALONGAN
XMLLatar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnyakemandirian anak usia dini pada kelompok B RA Muslimat NU KalilembuKarangdadap Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untukmengetahui penerapan metode picture and picture untuk meningkatkankemandirian anak usia dini di RA Muslimat NU Kalilembu KarangdadapPekalongan. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemandirian menggunakanmetode picture and picture untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di RaMuslimat Nu Kalilembu Karangdadap Pekalongan. 3) Untuk mengetahui FaktorPendukung dan Penghambat penggunaan menggunakan metode picture andpicture untuk meningkatkan kemandirian anak usia dini di RA Muslimat NUKalilembu Karangdadap Pekalongan.
Metode penelitian dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif,penelitian lapangan, dan penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anakkelompok B dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A dan B RAMuslimat NU Kalilembu Karangdadap Pekalongan yang berjumlah 71 anak.Tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan uji statistik one sample kolmogrov-smirnov test.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan:1) Penerapan metode picture andpicture pada kelompok eksperimen adalah guru menyampaikan pengertian kepadaanak mengenai metode picture and picture secara sederhana. Kegiatanpembelajaran banyak melibatkan anak untuk aktif dengan menjelaskan mengenaikegunaan gambar dan macam-macam apa saja yang ada terdapat pada gambar danmengerjakannya tanpa bantuan orang lain baik guru, orang tua, maupun temanyang lain. Karena tujuan penerapan metode picture and picture untuk mengetahuipeningkatan kemandirian anak usia dini. 2) Hasil Peningkatan kemandiriandengan menggunakan penerapan metode picture and picture pada kelompokeksperimen di peroleh skor tertinggi 15 dan skor terendahnya 11 denganperolehan skor sebesar 13,58. Sedangkan kelompok kontrol diperoleh skortertinggi 14 dan skor terendahnya 9 dengan rata-rata perolehan skor 10,75 masukdalam kategori sedang, karena hasil uji N-Gain Score yaitu 0,592 dengan tafsiranefektivitas kelompok eksperimen sebesar 59,2% yang termasuk dalam kategoricukup efektif. 3) Terdapat perbedaan peningkatan kemandirian Dibuktikan darihasil uji t diperoleh sebesar 3,97, Selanjutnya tersebutdibandingkan dengan dengan taraf kesalahan 1% sebesar = 2,819, sehingga> = Ho diterima. Dan ternyata hasil penelitian ini diperoleh >, maka Ha diterima.
Kata Kunci : Penerapan, Kemandirian, Perbedaan Peningkatan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Siti Muyanadhifa - Personal Name
|
Student ID |
2017240037
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PIAUD
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |