PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA DAKWAH (Analisis Wacana Kognisi Sosial Teun A. Van Dijk Terhadap Konten Kalam Jum’at Pada Akun Instagram @unsiqmediacenter)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA DAKWAH (Analisis Wacana Kognisi Sosial Teun A. Van Dijk Terhadap Konten Kalam Jum’at Pada Akun Instagram @unsiqmediacenter)

XML

Dakwah merupakan kegiatan salah satu kegiatan dalam mengajak menujukebaikan. Dalam penyampaiannya, dakwah memiliki beragam cara salah satunyaadalah dakwah bil lisan melalui media sosial instagram berupa video konten.Instagram merupakan hasil dari perkembangan teknologi masa kini dalam kategorimedia sosial. Pengguna instagram yang begitu banyaknya, menggugah kreativitaspara konten creator untuk mengisinya dengan hal-hal yang positif, salah satunyaadalah konten islami untuk sarana berdakwah. Seperti yang dilakukan oleh timmedia Unsiq Media Center dalam instagram @unsiqmediacenter, membuat videokonten dakwah dengan mengangkat tema Kalam Jum’at. Pesan dakwah yangdisampaikan oleh dosen-dosen Universitas Sains Al-Qur’an diangkat menjadidakwah bil lisan melalui video dan diunggah ke instagram.Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif denganpendekatan deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi dandokumentasi. Menggunakan analisis wacana kognisi sosial yang dikembangkanoleh Teun A.Van Dijk, dengan menghasilkan kesimpulan berupa pemanfaataninstagram sebagai sarana dakwah, relevansi dakwh melalui Kalam Jum’at, danefektivitas dakwah melalui Kalam Jum’at.

Kata Kunci: Dakwah, Instagram, Kalam Jum’at


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tomy Tegar Priambodo - Personal Name
Student ID
2019050033
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi & Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail