EFEKTIVITAS DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU PAUD DI DESA BUMIREJO KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi PIAUD

EFEKTIVITAS DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU PAUD DI DESA BUMIREJO KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk. (1) mengetahui bagaimana penyelenggaraan diklat berjenjang tingkat dasar bagi guru di Desa Bumirejo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. (2) Mengetahui bagaimana kualitas mengajar guru PAUD di Desa Bumirejo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. (3) mengetahui apakah diklat berjenjang tingkat dasar mampu meningkatkan kualitas mengajar guru PAUD di Desa Bumirejo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang sudah mengikuti diklat berjenjang yang berjumlah 4 orang guru. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, pengurangan data, penyajian dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah: (1) Penyelenggaraan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar memiliki beban waktu 48 jam pelajaran @ 45 menit dengan sebelas materi Diklat. Pendidik PAUD adalah tenaga professional yang memiliki peran sangat penting bagi pelaksanaan suatu pembelajaran, sehingga pendidik PAUD seharusnya menjalankan tugasnya setelah kompetensi dan kualifikasi terpenuhi. (2) Kualitas mengajar guru dalam proses pembelajaran di PAUD Permata Hati dan TK Al-Futuhiyah dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan pembelajarannya sudah cukup baik karena pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru tetapi pada siswa. Dalam pembelajaran siswa telah diberi kesempatan penuh untuk menggali dan mengembangkan kemampuannya. (3) Penyelenggaraan diklat berjenjang tingkat dasar dapat meningkatkan kualitas mengajar guru PAUD Diklat merupakan pengalaman yang akan membantu proses perubahan perilaku positif kerja peserta secara permanen setelah mengikuti Diklat Tingkat Dasar. Perubahan perilaku positif kerja peserta terkait dengan aspek Hasil/Result yang berdampak terhadap lembaga kerja peserta Diklat yaitu peningkatan efektivitasdan efisiensi yang ditunjukkan dalambentuk jumlah dan kualitas hasilkarya, peningkatan pelayanan serta peningkatan komunikasi interpersonal peserta terhadap peserta didik dan lingkungan lembaga kerja pasca Diklat.
Kata Kunci : Diklat, Berjenjang, Tingkat Dasar, Kualitas, Mengajar Guru


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Aini Maesaroh - Personal Name
Student ID
2017240154
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Hidayatu Munawaroh, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
PIAUD
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail