ANALISIS PROSES DAN HASIL TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI DI LEMBAGA PENDIDIKAN DEWASA QIRAATI (LPDQ) KOORDINATOR CABANG KABUPATEN WONOSOBO (Kajian Dakwah Bil Lisan)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

ANALISIS PROSES DAN HASIL TAHSIN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI DI LEMBAGA PENDIDIKAN DEWASA QIRAATI (LPDQ) KOORDINATOR CABANG KABUPATEN WONOSOBO (Kajian Dakwah Bil Lisan)

XML

Mempelajari tahsin Al-Qur’an bertujuan untuk membaguskan bacaan AlQur’ansehingga dapat sesuai dengan makharijul huruf dan ilmu tajwid nya, sertamenjaga lidah dari kesalahan dalam membaca Al-Qur’an. Untuk mencapai targettersebut diperlukan metode dan implementasi yang tepat sesuai dengan aturanya.Salah satu cara belajar ilmu tahsin adalah dengan menggunakan metode Qira’ati.Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan mengenai proses dan hasil daripembelajaran tahsin Al-Qur’an menggunakan metode Qira’ati, yang dilakukan diLembaga Pendidikan Dewasa (LPDQ) cabang Wonosobo . Meliputi materi,metode, langkah-langkah, hingga evaluasi pembelajaran. Penelitian inimerupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metodedeskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan carawawancara, observasi, dan pengambilan dokumentasi di LPDQ cabangWonosobo. Sedangkan teknis analisa data dilakukan melalui reduksi data,penyajian data, hingga akhirnya dilakukan penarikan kesimpulan dari data-datatersebut.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) materi tahsin berfokus pada M3(mangap, meringis, mecucu), ketepatan makharijul huruf, dan harakat, (2) Materitahsin menggunakan modul Qira’ati jilid Pra TK, 1, 2, 3, 4, 5, juz 27, 6, AlQur’an,Gharib, dan Tajwid, (3) Materi tahsin dicontohkan oleh guru dan ditiruoleh peserta dalam kegiatan klasikal, dilanjutkan kegiatan individual, (4) Materitahsin diajarkan pada tingkat yang sama serentak sejak awal dan dievaluasiberdasarkan kompetensi masing-masing peserta, (5) Evaluasi pembelajaran diujidengan tes kenaikan halaman, tes kenaikan jilid, ujian Lembaga, dan tashih.

Kata Kunci : Tahsin Al-Qur’an, Metode Qira’at


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Shinta Ayu Akmalia - Personal Name
Student ID
2018050006
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi & Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail