RETORIKA DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD (Analisis Teori Retorika Aristoteles Dalam Channel Youtube Ustadz Abdul Somad Official)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

RETORIKA DAKWAH USTADZ ABDUL SOMAD (Analisis Teori Retorika Aristoteles Dalam Channel Youtube Ustadz Abdul Somad Official)

XML

Ustaz Abdul Somad terkenal akan cara penyampaian dakwahnya yang humoris.Pandangannya tentang Islam dianggap sebagai konservatif dan objektif denganceramahnya mencakup topik literal tentang Al-Qur'an dan Sunnah. Beberapa waktuyang lalu dikutip dari sebuah berita Ustadz Abdul Somad di deportasi dariSingapura, alasanya karena dakwaknya yang pernah menghina salib dan ajaranekstrim lain.Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah library research(kepustakaan). Data yang diperoleh akan dianalisis secara kualitatif, yaitu denganmembahas dan menjabarkan hasil penelitian berdasarkan wawancara, observasi dandokumentasi serta berdasarkan buku-buku dan karya tulis ilmiah yang relevandengan penelitian ini sebagai referensi serta data-data yang di peroleh untukmenjawab permasalahan yang ada.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Dilihat dari salah satu retorika yangdikemukakan oleh Aristoteles yaitu unsur ethos (kredebilitas) maka dalampenelitian ini dapat disimpulkan Ustadz Abdul Somas mempunyai kredebilitas yangtinggi. 2. Dari unsur retorika selanjutnya yang dikemukakan oleh Aristoteles yaituunsur pathos (emosional). Dalam cara berdakwah Ustadz Abdul Somadmenggunakan pemilihan kosakata yang dapat menarik emosional pendengarnyaatau dalam hal ini adalah mad’u. 3.Unsur logos (logika), jika dilihat dari unsur logosyang dikemukakan oleh Aristoteles maka Ustadz Abdul Somad dalammenyampaikan dakwahnya selalu menggunakan dasar yang logis sehingga mudahditangkap oleh pikiran khalayak atau pendengar.

Kata Kunci: Retorika Dakwah, Media Sosial, Ustadz Abdul Somad Officia


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Panji Naufal Akbar - Personal Name
Student ID
2019050037
Dosen Pembimbing
Drs.H. Yudino,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Drs.H. Yudino,M.Pd.I - - Penguji 1
Drs. Moh. Amin,M.Pd.I - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi & Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail