PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS SAMBAL SALAK DESA CANDI KECAMATAN SELOMERTO)

Detail Cantuman

Prodi Manajemen

PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS SAMBAL SALAK DESA CANDI KECAMATAN SELOMERTO)

XML

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan sektor kegiatan ekonomi yang memiliki peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Pada saat masa krisis moneter keadaan UMKM mengalami penurunan, akan tetapi UMKM juga yang memiliki peran penting dalam menstabilkan perekonomian pada saat itu. Jadi, adanya UMKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti halnya pada UMKM Sambel Salak yang berada di Desa Candi merupakan sektor perekonomian dalam kategori usaha kecil dibidang kuliner. Terletak di Desa yang dikenal sebagai desa produktif, yang membuat tertarik peneliti mengkaji peranan UMKM tersebut dalam mensejahterakan masyarakat perspektif ekonomi Islam dan kendala apa saja yang dihadapi UMKM dalam mensejahterakan masyarakat. Sehingga mengetahui peran UMKM Sambel Salak dalam mensejahterakan masyarakat serta hambatan atau kendala yang dihadapinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penulis secara langsung melakukan wawancara dengan kelompok wani tani Desa Candi selaku penggagas usaha ini, mengumpulkan dokumentasi yang diperlukan dan melakukan studi kepustakaan yaitu dari buku ataupun jurnal. Kesejahteraan dalam pandangan ekonomi islamnya pun sudah terpenuhi seperti tercukupinya konsumsi karyawan di UMKM Sambel Salak, rasa aman dan damai dengan mendapatkan fasilitas tempat tinggal, serta indikator tauhid yaitu hubungan manusia dengan tuhannya, tauhid disini maksudnya dalam UMKM Sambel Salak menerapkan nilai-nilai spiritual sebagai kedekatan dengan sang pencipta-Nya. Tidak dapat dipungkiri juga dalam menjalankan usahanya pasti ditemukan kendala-kendala yang dapat mempengaruhi kesejahteraan, yaitu modal, SDM, pembukuan, dan jangkauan usaha.
Kata Kunci : usaha mikro kecil menengah, kesejahteraan masyarakat, ekonomi islam.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Safra Anisa - Personal Name
Student ID
2018110049
Dosen Pembimbing
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA - - Dosen Pembimbing 1
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FE-M 1412 SAF p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail