PENGARUH PEMAHAMAN FIQIH SHALAT TERHADAP PENGAMALAN SHALAT SANTRI DI ASRAMA BURDAH AL-QUR’AN MUNGGANG BAWAH KALIBEBER WONOSOBO (Kajian Dakwah Islam)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

PENGARUH PEMAHAMAN FIQIH SHALAT TERHADAP PENGAMALAN SHALAT SANTRI DI ASRAMA BURDAH AL-QUR’AN MUNGGANG BAWAH KALIBEBER WONOSOBO (Kajian Dakwah Islam)

XML

Skripsi ini membahas tentang pemahaman materi fiqih shalat terhadap pengamalan shalat santri di Asrama Burdah Al-Qur’an Munggang Bawah Kalibeber Wonosobo. Kajiannya di latar belakangi oleh praktik shalat santri yang salah satunya di pengaruhi pemahaman fiqih shalat terhadap pengamalan shalat santri. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan santri di Asrama Burdah Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo yang notabene nya masih berstatus santri baru yang perlu diajarkan kajian kitab fiqih tatacara shalat dalam pelaksanaan sehari-hari.Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Datanya diperoleh dengan cara melakukan praktik shalat secara langsung dan mengambil dokumentasi saat santri melakukan praktik shalat serta melakukan wawancara kepada Ustadz dalam mengetahui pemahaman fiqih shalat tersebut. Subyek dalam penelitian ini adalah santri tingkatan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang berstatus santri baru di Asrama Burdah Al-Qur’an.Hasil penelitian menunjukkan bahwa santri baru di Asrama Burdah Al-Qur’an sudah cukup baik serta dibuktikan dengan penerapan dalam keseharian santri melaksanakan shalat yang telah sesuai dengan syariat. Proses pemahaman fiqih shalat terhadap pengamalan shalat santri Asrama Burdah Al-Qur’an melalui beberapa metode diantaranya pengkajian fiqih yang kemudian dilanjutkan dengan praktik shalat. Pengamalan shalat santri tentang pemahaman fiqih yang cukup baik dari hasil pengkajian ilmu fiqih yang dapat membuat santri Asrama Burdah Al-Qur’an mampu mengamalkan ibadah shalat yang sesuai dengan tuntutan atau tata cara yang baik dan benar.

Kata Kunci : Pemahaman, Fiqih Shalat, Pengamalan, Kajian Dakwah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2017050014
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi & Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail