IMPLEMENTASI NILAI DAKWAH MELALUI BUDAYA JAWA (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Pada Novel Diary Ungu Rumaysha Karya Nisaul Kamilah)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

IMPLEMENTASI NILAI DAKWAH MELALUI BUDAYA JAWA (Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Pada Novel Diary Ungu Rumaysha Karya Nisaul Kamilah)

XML

Dakwah merupakan sebuah aktivitas kemanusiaan dalam mengajak menuju jalankebaikan. Dalam penyampaian dakwah terdapat beberapa cara salah satunya adalahdengan tulisan, baik dalam bentuk karya sastra, karya tulis, maupun novel. Padaawalnya, novel hanya digunakan sebagai media bacaan untuk sekedar mengisiwaktu luang. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi novel dapatdijadikan sebagai media penyampaian pesan yang efektif. Salah satu novel yangmengandung nilai dakwah adalah Diary Ungu Rumaysha karya Nisaul Kamilah.Novel ini merupakan novel penggugah jiwa yang menginspirasi tentang pesantren,agama, ilmu, cinta, dan kehidupan. Nilai dakwah yang ditunjukkan digambarkandalam bentuk sejarah dan budaya Jawa.Dalam penelitian ini penulis mengunakan jenis penelitian kepustakaan, denganmetode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data baca, tulis, dan catat.Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis wacana yangdikembangkan oleh Teun A. Van Dijk. Yang kemudian menghasilkan nilai dakwahberupa kisah teladan, etika, ibadah, menuntut ilmu, akhlaq, memberi manfaat,proses hidup manusia, filosofi santri, adab, dan larangan berbuat maksiat. Danbudaya Jawa meliputi bahasa, wayang, tembang dolanan, tumpeng, kupat, dantembang macapat.

Kata Kunci: Nilai, Dakwah, Budaya Jawa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aisy Aulia Syahda - Personal Name
Student ID
2019050009
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi & Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail