ANALISIS STANDAR KELAYAKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT GUNUNGJATI CIREBON)

Detail Cantuman

Prodi Perbankan Syariah

ANALISIS STANDAR KELAYAKAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT GUNUNGJATI CIREBON)

XML

Penelitian ini berjudul “ Analisis Standar Kelayakan Pembiayaan Murabahah dalam Pengembangan Usaha Mikro Masyarakat (Studi Kasus BMT Gunungjati Cirebon”. Pemilihan topik standar kelayakan pembiayaan murabahah bertujuan untuk mengetahui bagaimana standar kelayakan yang digunakan pihak BMT terhadap nasabah pembiayaan murabahah terkhusus pelaku usaha mikro hingga dikategorikan layak mendapatkan pembiayaan murabahah dari BMT Gunungjati Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data berasal dari wawancara terstruktur informan, observasi partisipan dan analisis data berupa reduksi, display dan verifikasi data. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian meliputi penerapan prinsip 5C (character, capacity, collateral, capital, dan condition), 7P (personality, party, purpose, prospect, payment, profitabilty, dan protection), 3R (return, repayment, risk bearing anality). Dan prinsip syariah (1S). Dengan fokus utama dalam kelayakan adalah prinsip character dengan fokus sikap kejujuran, tanggung jawab dan adab nasabah, prinsip capacity dengan fokus pendapatan yang berasal dari usaha, prinsip collateral dengan fokus jaminan yang disertakan nasabah terhadap BMT. Terdapat keterbatasan dalam penelitian meliputi data yang dihimpun masih terdapat kekurangan, pastisipan terbatas dan kurang efektifnya metode penelitian, dengan harapan supaya peneliti yang akan datang dapat lebih baik dalam hal penelitian yang dilaksanakan di lembaga.
Kata Kunci : Standar kelayakan, Prinsip 5C+ 7P+3R+1S, Murabahah, Analisis nasabah, BMT.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2018230036
Dosen Pembimbing
Mila Fursiana Salma M, S.H.I., M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Laila Sabrina, S.Th.I., M.A. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61206
Edisi
Published
Departement
Perbankan Syari'ah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FE-PS 1320 SYA a
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail