ANALISA PERBANDINGAN ASPAL KONVENSIONAL DAN ASPAL MODIFIKASI PADA PERKERASAN LENTUR AC-WC ( STUDI KASUS PRESERVASI JALAN NASIONAL LINGKAR BUMIAYU KABUPATEN BREBES )

Detail Cantuman

Prodi Teknik Sipil

ANALISA PERBANDINGAN ASPAL KONVENSIONAL DAN ASPAL MODIFIKASI PADA PERKERASAN LENTUR AC-WC ( STUDI KASUS PRESERVASI JALAN NASIONAL LINGKAR BUMIAYU KABUPATEN BREBES )

XML

Infrastruktur jalan adalah sebuah fasilitas yang dibangun untuk menghubungkan wilayah atau daerah satu dengan yang lain dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Volume lalu lintas yang tinggi mengakibatkan kondisi jalan di Indonesia cepat mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut meliputi keretakan, alur, butiran yang terlepas (raveling), gelombang dan kegemukan (bleeding). Dalam penelitian ini peneliti mengambil referensi tentang penelitian mengenai AC-WC Modifikasi dengan semen sebagai bahan pengisi filler dari (Dwi Esti Intari et al., 2020; Kiki Lolita Sari, 2015; Mashuri, 2010)(Kosim & Zainuddin, 2019; Vidia Permaisuri, 2019). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan metode penelitian dan standar pengujian sesuai dengan (Kemen PUPR Dirjen Bina Marga, 2018), dan (Direktorat Jenderal Bina Marga, 2007). Dengan item pengujian yaitu pemeriksaan agregat dan aspal, yang meliputi pemeriksaan agregat kasar, halus, filler serta aspal PG-70, perancangan campuran AC-WC dengan kadar filler, 1%, 2%, 3% dan 4%, pengujian GMM, marshall, VCAMIX/VCADRC dan ekstraksi. Hasil pengujian menunjukan bahwa variasi kadar Filler 2% dengan kadar aspal 7% merupakan kadar Filler terbaik yang dapat dijadikan sebagai campuran, dengan memperoleh nilai pengujian VIM = 4,01%, VMA = 17,04%, VFA = 76,46%, flow = 3,47 mm, Marshall Quotient = 361,8 Kg/mm, dan nilai stabilitas = 1254 Kg. Variasi Filler 1% dan 0% tidak memenuhi persyaratan nilai minimal pengujian, kadar aspal 2% menghasilkan nilai range yang berada ditengah-tengah dari hasil pengujian variasi kadar filler yang lain. Dalam proses pengujian campuran beraspal untuk mendapatkan hasil yang maksimal penambahan benda uji sangat disarankan karena nilai pengujian akan lebih presisi, selain itu suhu penuangan campuran ke cetakan juga harus tetap diperhatikan karena akan mempengaruhi nilai stabilitas campuran tersebut.
Kata kunci : Laston Lapis Aus, Modifikasi, Filler


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhammad Balya Sugama - Personal Name
Student ID
2018140054
Dosen Pembimbing
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 1
Agus Juara, S.T.M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wiji Lestarini, S.T., M.T - - Ketua Penguji
Agus Juara, S.T.M.T - - Penguji 1
Ahmad Alfin., S.T., M.T - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Teknik Sipil
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail