PERUBAHAN POLA KAMPANYE KONVENSIONAL BERALIH PADA KAMPANYE DARING (Studi Kasus Analisis Strategi Kampanye Politik Pilkada Kabupaten Wonosobo Tahun 2020 di Masa Pandemi)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Politik

PERUBAHAN POLA KAMPANYE KONVENSIONAL BERALIH PADA KAMPANYE DARING (Studi Kasus Analisis Strategi Kampanye Politik Pilkada Kabupaten Wonosobo Tahun 2020 di Masa Pandemi)

XML

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan kebiasaan masyarakat dalam bersosial,ekonomi, budaya hingga politik. Sedangkan, pemerintah telah memutuskan Pilkadaserentak tetap dilaksanakan berdampingan dengan penyebaran penularan pandemicovid-19. Media online sebagai new media menjadi sarana utama dalamberkampanye sebagai media komunikasi politik massa dan dapat memberikan citrapositif maupun negatif kepada aktor politik. Selain itu, kampanye mediakonvensional tetap digunakan pada kampanye politik ini.Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi kampanye politik pemilihankepada daerah di Kabupaten Wonosobo dengan peraturan dan prosedur yang barumenyesuaikan keadaan pandemi covid-19, penelitian ini menggunakan metodekualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknikwawancara untuk memeroleh data langsung dan mendalam dari narasumber. Proseswawancara penelitian ini dilakukan dengan tim pemenangan kampanye politikpasangan calon Afif-Albar, yaitu Bapak Faqih dari DPC PKB dan Bapak R.Rumekso dari DPC PDIP.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye politik dapat dilakukan dengandua cara yaitu kampanye politik daring dan kampanye politik konvensional untukhasil yang lebih maksimal dalam proses penyampaian pesan-pesan politik.

Kata kunci: kampanye politik, media online, pilkada


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mayang Diana Novita Sari - Personal Name
Student ID
2017250010
Dosen Pembimbing
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail