ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST SECTIO CAESAR DENGAN TINDAKAN TERAPI MUSIK KLASIK UNTUK MENGURANGI NYERI (LITERATUR REVIEW)

Detail Cantuman

Prodi Keperawatan

ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN POST SECTIO CAESAR DENGAN TINDAKAN TERAPI MUSIK KLASIK UNTUK MENGURANGI NYERI (LITERATUR REVIEW)

XML

Latar Belakang : Section caesarea adalah suatu tindakan persalinan melalui pembedahan dengan cara menyayat dinding perut dan dinding Rahim untuk melahirkan janin yang pasti menimbulkan nyeri. Nyeri adalah suatu gangguan yang tidak menyenangkan dan terlokasi yang disebabkan oleh luka sayatan. Salah satu upaya untuk menurunkan nyeri bisa menggunakan terapi musik klasik. Terapi musik klasik merupakan salah satu teknik distraksi yang digunakan untuk mengalihkan sensasi yang tidak menyenangkan oleh seseorang, misalnya merasakan nyeri. Tujuan : Menggali tindakan keperawatan pengurangan nyeri berupa terapi musik klasik pada pasien post section caesarea. Metode : Penelitian ini menggunakan metode literature review, database yang digunakan adalah google scholar. Hasil : kemudian untuk isi dari penelitian ini adalah informasi mengenai data yang relevan. Dari beberapa penelitian yang sudah di review hasil menunjukan p value<0,05 artinya signifikan. Kesimpulan : Pemberian terapi music klasik terhadap penurunan nyeri pada ibu post section caesarea efektif digunakan dengan adanya perubahan nyeri sebelum dan sesudah dilakukan intervensi.
Kata Kunci : Terapi music, Nyeri, Post section caesarea.


Detail Information

Item Type
Karya Tulis llmiah
Penulis
Nginayati Fitnatun - Personal Name
Student ID
2018200036
Dosen Pembimbing
Ns. Marwiati, M.Kep - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
14401
Edisi
Published
Departement
Keperawatan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail